Tips Menanam Sayur Cepat dan Mudah di Halaman Rumah

Zakka Hammad G 21 November 2019 15:16:59 WIB

KarangtengahInfo - Bagi kebanyakan orang terutama ibu - ibu untuk dapat mengonsumsi sayur biasanya harus membeli di pasar atau tukang sayur, bagi yang mempunyai lahan harus perlu ke lahan untuk memanen sayur. Hal tersebut sudah biasa dilakukan, ada cara yang lebih mudah untuk menyediakan kebutuhan sayur bagi keluarga kita tanpa harus membeli di pasar ataupun pergi ke lahan, cukup dengan menanam sayur di halaman rumah. Kita dapat menanam sayur di halaman rumah tanpa menggunakan tanah tetapi cukup menggunakan air yaitu dengan sistem hidroponik.

Apa itu hidroponik? Mungkin kebanyakan orang memandang hidroponik adalah budidaya tanaman menggunakan rangkaian paralon – paralon yang dirasa rumit dan biaya mahal sehingga jarang orang membuat hidroponik. Hidroponik tidak harus demikian, karena konsep utama hidroponik adalah budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah, pupuk untuk tanaman tidak diberikan lewat tanah tetapi dilarutkan dalam air. Ada banyak model hidroponik yang sangat mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya mahal.

Kali ini akan kita bahas satu model hidroponik yang paling mudah yaitu menanam kangkung dengan hidroponik rakit apung. Seperti yang terlihat pada gambar terlihat tanaman kangkung yang tumbuh subur di atas nampan plastik. Cukup dengan menyediakan nampan, rege plastik berlubang – lubang, benih kangkung, air dan nutrisi hidroponik.

Caranya cukup mudah yaitu

  1. Benih kangkung disebar di atas rege plastik secara merata kemudian diletakkan di atas nampan plastik.
  2. Nampan plastik diisi dengan air sampai menyentuh benih kangkung yang ada pada rege plastik di atasnya.
  3. Setelah 5 – 7 hari benih kangkung akan tumbuh, setelah benih kangkung tumbuh, air yang ada pada nampan ditambah dengan nutrisi hidroponik. Nutrisi hidroponik dapat di beli di toko – toko pertanian. Takaran nutrisinya yaitu 5 ml nutrisi hidroponik (1 tutup botol) dilarutkan dalam 1 liter air, air yang sudah diberi nutrisi hidroponik dimasukkan dalam nampan. Tujuan diberi nutrisi adalah sebagai pengganti pupuk sehingga tanaman kangkung akan tumbuh dengan subur.
  4. Meletakkan di halaman rumah atau disekitar rumah yang terkena cahaya matahari. Akar tanaman akan tumbuh dan terendam dalam larutan air nutrisi yang ada pada nampan. Tanaman kangkung dapat dipanen dalam waktu 20 hari. Cara panennya dengan memotong batangnya, tanaman kangkung yang sudah dipotong masih dapat tumbuh sehingga dapat dilakukan 2 – 3 kali panen.

Cukup mudah bukan? dengan hidroponik kita tidak perlu menyiram tanaman setiap hari, tidak tergantung dengan musim, waktu panen lebih cepat, hasil panen lebih banyak, lebih higienis dan dapat dilakukan di sekitar rumah. Demikian salah satu contoh model hidroponik yang paling mudah, masih banyak model yang dapat diterapkan seperti dengan memanfaatkan barang – barang bekas yang akan dipaparkan pada artikel selanjutnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Pengumuman

SAKSIKANLAH TURNAMEN BOLA VOLY DI LAPANGAN GALOMBO MOJOLEGI

Lokasi KARANGTENGAH

tampilkan dalam peta lebih besar