Hidup Sehat dengan Jantung Pisang

03 Maret 2020 07:23:37 WIB

Karangtengah News-Kali Celeng yang melewati wilayah Desa Karangtengah memiliki potensi yang luar biasa banyaknya, Selasa (3/3). Salah satunya adalah potensi penghasil jantung pisang. Di sekitar bantaran Kali Celeng yang berada di wilayah Desa Karangtengah ini banyak ditumbuhi aneka jenis tanaman pisang. Mulai dari pisang kepok, kluthuk, sampai uter atau raja bandung. Aneka jenis tanaman pisang ini setiap tahunnya pasti menghasilkan jantung pisang. Selama ini jantung pisang oleh sebagian masyarakat di Pedukuhan Kemasan, Karangtengah, Imogiri hanya dijadikan campuran pakan ternak. Padahal jantung pisang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita.

Ada beragam manfaat yang dapat diperoleh dari jantung pisang. Biasanya, jantung pisang dapat ditumis, digoreng, atau dijadikan gulai. Selain rasanya yang lezat, jantung pisang menyimpan segudang manfaat yang bisa diperoleh. Jantung pisang dianggap sebagai bagian dari sayuran di wilayah Asia Tenggara. Sama seperti sayuran lainnya, jantung pisang begitu kaya akan kandungan nutrisinya seperti: vitamin A, vitamin C, vitamin E, beragam mineral, asam lemak, flavonoid, tanin, saponin, glikosida, steroid.

Dari beragam kandungan inilah yang memberikan manfaat pada jantung pisang saat dikonsumsi antara lain:

1. Mengatasi pembesaran prostat jinak

Jantung pisang memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pembesaran prostat jinak atau benign prostatic hyperlapsia. Kondisi ini biasanya terjadi pada pria dan ditandai dengan melemahnya kandung kemih, sehingga urine tidak keluar seluruhnya.

Dalam sebuah penelitian, ekstrak jantung pisang membantu mengurangi pembesaran prostat dan memperbaiki morfologi kelenjar prostat. Ekstrak jantung pisang mengandung asam sitrat, taurin, asam pantotenat, dan nikotinat. 

Senyawa tersebut mampu menjadi agen antiinflamasi dan antiprofilerasi (menghambat pertumbuhan sel) pada pasien pembesaran prostat jinak.

2. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi udara dapat menyebabkan gangguan sistem saraf pusat, autoimun, gangguan kardiovaskular dan lainnya. Di sini, jantung pisang membawa manfaat untuk menangkal radikal bebas. 

Ekstrak jantung mengandung tinggi antioksidan yang mampu mencegah stres oksidatif. Senyawa polifenol dan flavonoid dari ekstrak jantung pisang dapat melindungi tubuh dari kerusakan DNA akibat iron-mediated fenton (reaksi dari senyawa radikal bebas). Efek dari konsumsi jantung pisang dapat memberikan perlindungan terhadap efek radikal bebas.

3. Mendukung diet sehat

Kombinasi jantung pisang dan pseudostem (batang tengah pisang) dapat memberikan pemenuhan nutrisi secara sehat. Pasalnya, jantung pisang diteliti memiliki sumber yang baik akan nutrisi makro dan mikro. 

Tak hanya itu, asam linoleat dalam jantung pisang dapat meningkatkan kerja imunitas tubuh melalui kandungan antioksidan. Sebelumnya pun disebutkan bahwa kandungan antioksidan ini bekerja untuk menangkal radikal bebas. Karena sifatnya yang kaya akan nutrisi, jantung pisang dapat di masukkan ke dalam menu diet tinggi serat yang sehat.

4. Melindungi tubuh dari bakteri

Tak hanya melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, jantung pisang memiliki manfaat untuk melindungi tubuh dari infeksi bakteri. Jantung pisang diyakini mengandung tinggi protein.

Jantung pisang yang diekstraksi mengandung asam amino dan peptida. Isolasi protein ini secara signifikan melawan bakteri gram positif dan negatif. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi diare, pneumonia, dan kolera. Oleh karenanya, konsumsi jantung pisang dapat mendukung imunitas tubuh dari infeksi penyakit akibat bakteri.

5. Mengurangi komplikasi diabetes

Jantung pisang membawa manfaat untuk mengurangi komplikasi diabetes melitus. Salah satu komplikasi terkait diabetes adalah hiperglikemia.

Kombinasi jantung pisang dan pseudostem (bagian tengah batang pisang) mampu mengurangi hiperglikemia dan komplikasi diabetes seperti diabetic nephropathy (komplikasi diabetes pada ginjal)

Dapat disimpulkan bahwa konsumsi jantung pisang bersama pseudostem, secara alami mampu menurunkan risiko komplikasi diabetes.

Untuk meraih manfaat spesifik jantung pisang, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk ekstrak. Namun, tak ada salahnya untuk menyertakan dalam menu diet sebagai pemenuhan nutrisi harian.

 

Disarikan dari: https://covesia.com/lifestyle/baca/89004/segudang-manfaat-jantung-pisang, Selasa, 3 Maret 2020, pukul 07.23 WIB

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License