Cegah Penyebaran Virus Corona dengan Germas

05 Maret 2020 08:13:40 WIB

Karangtengah News-Saat ini, dunia tengah disibukkan  dengan virus Corona yang telah merambah berbagai negera, termasuk Indonesia. Korban virus  corona tersebut telah memakan ribuan korban meninggal dunia. Guna mencegahnya hal itu terjadi di maayarakat  diperlukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).  Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku yang kurang sehat. Caranya tetap menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga dengan terus berprilaku hidup bersih dan sehat. Seperti membiasakan mencuci tangan sebelum makan dan komsumsi makanan yang bergizi serta sehat.  

Aktivitas yang dapat dilakukan dalam Germas antara lain

Makan makanan bergizi

Makan makanan bergizi diutamakan perbanyak sayur dan buah. Mengapa perlu makan sayur dan buah setiap hari? Sayur dan buah merupakan dua hal yang tidak bisa terpisahkan. Keduanya mengandung vitamin dan mineral, serta serat yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Beberapa vitamin dan mineral penting yang terkandung dalam sayur dan buah adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, seng, kalium, forfor, dan asam folat. Kandungan-kandungan ini tentu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, yang juga berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit. Contohnya saja, kalium dalam pisang yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan resiko kehilangan massa tulang, dan mencegah batu ginjal.

Rajin berolah raga dan aktivitas fisik

Aktivitas fisik merupakan segala sesuatu aktifitas yang menggerakkan fisik atau tubuh kita. Masih banyak orang merasa malas untuk melakukan olahraga. Padahal aktivitas fisik merupakan salah satu penyehat tubuh. Banyak orang melakukan aktivitas fisik/olahraga, dibandingkan membatasi makanan yang masuk dalam tubuh agar berat badan selalu dalam batas normal/sehat yaitu IMT 18,5-25.

Cuci tangan dengan sabun

Salah satunya sering mencuci tangan dengan sabun. Enam langkah cuci tangan yang baik dimulai dari telapak tangan, dilanjutkan dengan punggung tangan, sela- sela jari, punggung jari, jempol, dan ujung jari. 

Jaga kebersihan lingkungan

Manfaat pentingnya menjaga lingkungan bersih dan sehat adalah :
a. Tertunda dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat seperti demam, diare, disentri, pernyakit pernafasan dll
b. Lingkungan menjadi lebih sejuk
c. Bebas dari polusi udara
d. Air menjadi lebih bersih dan aman diminum
e. lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari-hari

Tidak merokok

Efek buruk dari merokok adalah meningkatkan resiko kematian karena penyakit jantung, meningkatkan resiko terkena kanker paru, penyumbatan pembuluh darah otak (stroke), kencing manis dan menyebabkan masalah pada ibu hamil. oleh sebab itu, mulai sekarang BERHENTILAH MEROKOK!! 

Gunakan masker bila batuk atau flu

Minum air mineral 8 gelas setiap hari

Makan makanan yang dimasak sempurna

Periksa kesehatan secara rutin

Bertujuan untuk membandingkan status kesehatan kita sebelumnya, apakah terjadi peningkatan atau penurunan kondisi kesehatan. Manfaat yang didapatkan dari pemeriksaan kesehatan secara rutin adalah untuk mengetahui sedini mungkin kondisi kesehatan kita secara terperinci dan langsung melakukan pengobatan segera.

Jangan lupa berdoa dan berserah diri pada Tuhan

Disarikan dari : http://www.rs-mattaher.com/

Komentar atas Cegah Penyebaran Virus Corona dengan Germas

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License