SOP KALURAHAN KARANGTENGAH

26 September 2022 13:18:26 WIB

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR

(SOP)

PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

 

 

 

PEJABAT PENGELOLA INFORMASI  DAN DOKUMENTASI (PPID)

KALURAHAN KARANGTENGAH

KAPANEWON IMOGIRI

 KABUPATEN BANTUL

 

 

 

I. LATAR BELAKANG

Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah  satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat. Dalam  rangka  mewujudkan  keterbukaan  tersebut,  pemerintah  telah menerbitkan  Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi  Publik.  Dengan  adanya  Undang-undang  ini,  diharapkan  partisipasi publik  terhadap  penyelenggaraan  negara  akan  semakin  optimal,  yang  pada akhirnya  dapat  mendorong  terwujudnya  penyelenggaraan  negara  yang transparan, efektif, efisien, akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 memberikan jaminan kepada setiap warga  negara  untuk  memperoleh  informasi  mengenai  kebijakan  publik. Masyarakat  secara  individu  dan  institusi  dapat  meminta  dan  memperoleh informasi yang dibutuhkan dari badan-badan publik.

Undang-Undang ini telah memberikan landasan hukum terhadap hak setiap orang  untuk  memperoleh  informasi  publik,  dimana  setiap  Badan  Publik mempunyai kewajiban dalam menyediakan dan melayani pemohon informasi publik secara cepat, tepat waktu, biaya ringan dan cara sederhana.

Terkait  dengan  itu,  PPID Kalurahan Karangtengah menetapkan  Standar  Operasional  Prosedur Layanan Informasi dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik.

 

II. DASAR HUKUM

  1. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 61, tambahan lembaran Negara Nomor 4846).
  2. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Lembaran Negara RI tahun 2009 nomor 112. Tambahan lembaran Negara Nomor 5038)
  3. Peraturan Pemerintah No. 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik;
  4. Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2018 tentang Standart Layanan Informasi Publik Desa;
  5. Peraturan Bupati Bantul No. 121 Tahun 2020 Tentang Pedoman Standar Layanan Informasi Publik Kalurahan.

 

III.  MAKSUD DAN TUJUAN 

  1. Maksud

Standar Operasional Prosedur (SOP)  Pelayanan Informasi Publik ini sebagai acuan  mengenai  ruang  lingkup,  tanggungjawab  dan  wewenang  Pejabat Pengelola  Informasi  dan  Dokumentasi  (PPID)  Kalurahan pada Kalurahan Karangtengah dalam penyediaan  informasi melalui mekanisme pelaksanaan kegiatan Pelayanan Informasi Publik .

  1. Tujuan

Standar Operasional Prosedur (SOP) ini bertujuan untuk :

a. Mendorong  terwujudnya  implementasi  Undang-Undang  Keterbukaan Informasi Publik secara efektif dan hak-hak publik terhadap informasi yang berkualitas dapat terpenuhi dengan baik.

b. Memberikan  standar  bagi  PPID  Kalurahan Karangtengah dalam  melaksanakan Pelayanan Informasi Publik .

c. Meningkatkan  pelayanan  informasi  publik  dilingkungan  Kalurahan Karangtengah

 

IV. MAKLUMAT PELAYANAN

Maklumat Pelayanan  Informasi Publik Kalurahan Karangtengah Kami berupaya memberikan Pelayanan Informasi Publik dengan sungguh-sungguh untuk dapat :

  1. Memberikan pelayanan informasi yang cepat dan tepat waktu sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik ;
  2. Memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi publik dengan memanfaatkan teknologi informasi;
  3. Menyediakan dan memberikan informasi publik yang akurat, benar dan tidak menyesatkan;
  4. Tidak melakukan pungutan yang tidak sah dalam memberikan layanan Informasi Publik

 

V. DESK LAYANAN INFORMASI PUBLIK

Untuk memenuhi dan melayani permintaan dan kebutuhan pemohon/pengguna informasi publik, PPID Kalurahan Karangtengah memberikan  layanan  langsung  melalui  desk  layanan informasi publik di Kantor Kalurahan Karangtengah Jl. Karangtengah-Karangduwet Nomor 1, Karangtengah, Imogiri, Bantul  Selain  itu  PPID  juga  memberikan  layanan  tidak  langsung melalui  media  antara  lain  menggunakan telepon 089672307272, Email desa.karangtengah@bantulkab.go.id, Website karangtengah.bantulkab.go.id.

 

VI. PROSEDUR PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

Untuk melaksanakan pelayanan informasi perlu didukung oleh Front Office dan Back Office yang baik.

  1.  Front Office, meliputi; 
  2. Desk Layanan Langsung
  3. Desk Layanan Melalui Media  
  4. Back Office, meliputi:
  5. Bidang Pelayanan Informasi dan Dokumentasi
  6. Bidang Pengolah Data dan Penyaji Informasi
  7. Bidang Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Informasi

 

VII.  WAKTU PELAYANAN INFORMASI

Layanan  permohonan  informasi  pada  PPID  Kalurahan Karangtengah dilaksanakan pada hari kerja, mulai Senin sampai dengan Jumat, dengan ketentuan waktu sebagai berikut:

  1. Senin - Kamis
  2. Jam Layanan : 09.00 WIB - 15.00 WIB
  3. Istirahat : 12.00 WIB - 13.00 WIB
  4. Jumat
  5. Jam Layanan : 09.00 WIB - 15.00 WIB
  6. Istirahat : 11.00 WIB - 13.00 WIB.

 

VIII. MEKANISME PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK

  1. Pemohon  informasi  datang  ke  desk  layanan  informasi  mengisi  formulir permintaan  informasi  dengan  melampirkan  fotocopy,  KTP  pemohon  dan pengguna informasi;
  1. Petugas memberikan Tanda Bukti Penerimaan Permintaan Informasi Publik  kepada pemohon informasi
  1. Petugas memproses permintaan pemohon sesuai dengan formulir permintaan informasi publik yang telah ditandatangani oleh pemohon;
  1. Petugas  menyerahkan  informasi  sesuai  dengan  yang  diminta  oleh pemohon/pengguna  informasi.  Jika  informasi  yang  diminta  masuk  dalam kategori dikecualikan PPID Kalurahan menyampaikan alasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  1. Petugas  memberikan  Tanda  Bukti  Penyerahan  Informasi  Publik  kepada pemohon/pengguna informasi publik 

 

IX. DESK LAYANAN INFORMASI PUBLIK

Proses  penyelesaian  untuk  memenuhi  permintaan  pemohon  informasi  publik dilakukan setelah pemohon informasi publik memenuhi persyaratan yang telah ditentukan;

  1. Waktu penyelesaian dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya Permintaan informasi, Pejabat  Pengelola  Informasi  dan  Dokumentasi (PPID)  Kalurahan akan  menyampaikan  pemberitahuan  yang  berisikan informasi yang diminta berada dibawah penguasaannya atau tidak. PPID Kalurahan dapat memperpanjang waktu paling lambat 7 (tujuh) hari kerja;
  2. Penyampaian/pendistribusian/penyerahan informasi publik kepada pemohon lnformasi publik dilakukan secara langsung atau melalui email.

 

X. BIAYA TARIF

PPID Kalurahan Karangtengah menyediakan informasi publik secara gratis (tidak dipungut biaya) dan dapat mengakses melalui website yang tersedia.

 

XI. LAPORAN OPERASIOANAL LAYANAN INFORMASI PUBLIK

Petugas  pelayanan  informasi  publik  setiap  tahun  membuat  laporan  hasil pelaksanaan  tugas  pelayanan  informasi  publik  disampaikan  kepada  PPID Kabupaten dan di upload dalam website termasuk Informasi yang Tersedia Setiap Saat. Laporan tersebut memuat gambaran umum mengenai sarana dan prasarana yang dimiliki, Sumber Daya Manusia yang menangani dan rincian layanan informasi publik.

 

XII. KEBERATAN ATAS PEMBERIAN INFORMASI PUBLIK

Setiap Pemohon Informasi Publik dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada  Atasan  Pejabat  Pengelola  Informasi  dan  Dokumentasi  Kalurahan berdasarkan alasan berikut :

  1. Penolakan  atas permintaan informasi berdasarkan  alasan  Pengecualian Informasi Publik;
  2. Tidak disediakannya Informasi Berkala;
  3. Tidak ditanggapinya Permintaan Informasi Publik;
  4. Permintaan Informasi Publik ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
  5. Tidak dipenuhinyanya Permintaan Informasi Publik;
  6. Pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau
  7. Penyampaian Informasi Publik yang melebihi waktu yang diatur dalam Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2018.

 

XIII. PENUTUP

Sebagai Badan Publik, Kalurahan Karangtengah senantiasa  meningkatkan  kualitas  pelayanan  publik,  terutama dengan memberikan akses bagi masyarakat dalam memperoleh informasi yang memadai. SOP  Pelayanan  Informasi  Publik  PPID Kalurahan Karangtengah ini wajib dijadikan pedoman bagi semua Tim Pelaksana PPID pada Kalurahan Karangtengah dalam  menyelenggarakan  pelayanan  informasi,  pengelolaan, pendokumentasian, pengaduan dan penyelesaian sengketa informasi.

 

                                                                                                        PPID                               

                                                                                                        Kalurahan Karangtengah

                                                                                                        Kapanewon Imogiri

                                                                                                        Kabupaten Bantul

 

                                                                                                           (HARYANTO)

Dokumen Lampiran : SOP KALURAHAN KARANGTENGAH


Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License