Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

18 Oktober 2022 12:40:24 WIB

Musim Pancaroba merupakan masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, atau sebaliknya. Adanya perubahan cuaca dan suhu udara, menyebabkan lingkungan menjadi lembab, serta berbagai virus dan bakteri berkembangbiak dengan cepat. Sehingga, di musim pancaroba ini, banyak penyakit yang menyerang tubuh manusia, seperti flu, batuk, sakit kepala, dan demam.

Berikut ini tips menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit di musim pancaroba:

1. Istirahat yang Cukup

Dengan melakukan istirahat yang cukup yaitu minimal 8 jam setiap harinya, dapat memulihkan stamina dan kekuatan imun.

2. Olahraga

Lakukan olahraga ringan secara rutin minimal 5-10 menit sehari, seperti bersepeda, jogging, atau pun workout. Dengan berolahraga, tubuh akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

3. Makan Makanan Bergizi

Kurangi makanan cepat saji, dan perbanyak makan makanan yang bergizi, seperti sayuran, buah, daging, telur, dan susu. Sebab, sistem kekebalan tubuh membutuhkan makanan bergizi untuk melawan penyakit.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih minimal 8 gelas setiap hari. Dengan memperbanyak minum air putih, akan membantu tubuh dalam membuang zat yang tidak diperlukan oleh tubuh.

5. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Menjaga diri dapat dilakukan dengan menerapkan 3M yaitu menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan. Selain itu, mandi minimal 2 kali sehari untuk menjaga kebersihan tubuh. Kemudian, menjaga kebersihan lingkungan dapat dilakukan dengan buang sampah pada tempatnya, tutup rapat tempat sampah dan tempat penampungan air agar tidak menjadi sarang nyamuk.

6. Konsumsi Vitamin

Dengan rutin mengkonsumsi vitamin atau supleman dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Komentar atas Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License