Pemerintah Kalurahan Karangtengah Adakan Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

14 November 2022 09:22:50 WIB

Pemerintah Kalurahan Karangtengah mengadakan Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Padukuhan Kemasan. Pelatihan ini diadakan di Limasan Kemasan pada Jum'at (11/11) sampai Sabtu (12/11). Adapun, sumber anggaran pelatihan ini ialah dari PPBMP.

Acara ini dihadiri oleh Haryanto selaku Lurah Karangtengah, Pamong Kalurahan Karangtengah, Ibu-ibu PKK dari Bank Sampah Kemasan Bersinar, dengan Setio Nugroho, Rudy Suharta dari DLH, Terrina Pingky Saptavega dari Bank Sampah, dan Neni Widuri dari Eco-Enzyme sebagai narasumber.

"Harapan saya, pelatihan ini tidak hanya berhenti disini, namun ada aksi selanjutnya yaitu menerapkan ilmu yang sudah didapatkan dari pelatihan di kehidupan sehari-hari, terutama dalam mengelola sampah rumah tangga masing-masing. Sehingga, dengan begitu kita semua dapat turut melaksanakan perintah Bupati Bantul, menuju Bantul bebas sampah tahun 2024" tutur Haryanto

Dalam materinya, Terrina mengatakan bahwa sebenarnya semua sampah dapat diolah dan dimanfaatkan, seperti popok bayi bekas yang gel-nya dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman.

"Eco-Enzyme mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan bahkan kecantikan. Eco-Enzyme dibuat dari sampah organik seperti buah dan sayuran dengan catatan tidak busuk. Pembuatan Eco-Enzyme akan berhasil apabila tutup botol tertutup rapat" pungkas Neni

Setelah penyampaian materi selesai, ibu-ibu PKK diminta melakukan praktik langsung pembuatan Eco-Enzyme dengan alat dan bahan yang telah disediakan. 

Ibu-ibu PKK sangat antusias dalam melakukan praktik. Masing-masing dari mereka membawa pulang hasil praktik. Kemudian, acara ditutup dengan foto bersama.

Komentar atas Pemerintah Kalurahan Karangtengah Adakan Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License