SPALD-T Kalurahan Karangtengah Sudah Jadi 100 Persen

05 Januari 2023 15:37:11 WIB

Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALD-T) Kalurahan Karangtengah yang dibuat sejak akhir bulan Agustus 2022 sudah jadi 100% dan siap digunakan.

SPALD-T tersebut dibangun di kawasan Padukuhan Karangtengah dan Padukuhan Kemasan. Pembangunan ini menelan biaya sekitar 500 juta yang berasal dari APBN murni melalui Kementerian PUPR RI yang kemudian disampaikan langsung ke Kelompok Swadaya Masyarakat . Pembangunan dilakukan oleh warga Padukuhan Karangtengah dengan didampingi tim pendamping dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) DIY. 

SPALD-T itu sendiri adalah sistem pengelolaan yang dilakukan dengan mengalirkan air limbah domestik dari sumber secara kolektif ke Sub-sistem Pengolahan Terpusat untuk diolah sebelum dibuang ke badan air permukaaan. 

SPALD-T dapat digunakan sekitar 74 Kepala Keluarga (KK) dan 1 masjid di Kalurahan Karangtengah. 

Harapannya dengan adanya SPALD-T ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kalurahan Karangtengah dan menciptakan area yang terbebas dari kawasan kumuh. Sebab, SPALD-T dapat meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat dan meningkatkan kualitas sanitasi di kawasan Kalurahan Karangtengah. Selain itu, dapat meningkatkan kebersihan lingkungan masyarakat serta dapat menghindari pencemaran air.

Komentar atas SPALD-T Kalurahan Karangtengah Sudah Jadi 100 Persen

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License