Tingkatkan Perekonomian Warga, Pemerintah Karangtengah Luncurkan Kuliner Tugu

Admin New 13 Maret 2023 22:43:15 WIB

Karangtengah— Pemerintah Kelurahan Karangtengah meluncurkan tempat kuliner baru yaitu Kuliner Tugu di Dusun Karangrejek, Kelurahan Karangtengah, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. 

 

“Mari bersinergi bersama, semoga dengan adanya taman kuliner di Kelurahan Karangtengah ini dapat membantu meningkatkan perekonomian dan dapat menyejahterakan minimal bagi warga di pedukuhan Karangkrejek dan terlebih bagi warga Kelurahan Karangtengah ini,” tutur Haryanto selaku Lurah Karangtengah sekaligus pihak yang meresmikan tempat kuliner tersebut.

 

Peluncuran tempat kuliner ini diadakan pada Minggu, (12/03) pukul 10.00 WIB yang melibatkan banyak pihak mulai dari pemerintahan Kelurahan Karangtengah, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Karangtengah Gumegrah, Desa Prima Ngudi Mukti Karangtengah, dan Kelompok Kegiatan (Pokgiat) Pedukuhan Karangrejek, serta masyarakat Kelurahan Karangtengah. 

 

Kuliner Tugu yang menjadi nama dari tempat wisata kuliner tersebut memiliki arti yaitu “ “Kuliner Sabtu Minggu”. Tempat wisata kuliner ini hanya buka setiap hari Sabtu dan Minggu sesuai dengan namanya. Hal ini bertujuan agar masyarakat Karangtengah dan sekitarnya sembari menghabiskan waktu liburnya dapat mampir sejenak untuk menikmati kuliner yang ada di Lapangan Miring Pedukuhan Karangrejek Kelurahan Karangtengah. 

 

Sementara itu, Supriyono selaku ketua Pokgiat di Pedukuhan Karangrejek menjelaskan bahwasanya Kuliner Tugu ini buka setiap hari Sabtu dan Minggu. Kendati demikian, ia berharap kuliner tersebut dapat buka setiap hari.

 

“Kuliner Tugu ini buka setiap hari Sabtu dan Minggu. Tetapi, jika pedagang menghendaki untuk berdagang setiap hari monggo,” jelas Supriyono. 

 

Tidak kalah menarik di hari Sabtu dan Minggu tersebut disuguhkan kesenian-kesenian yang akan menarik perhatian orang seperti menampilkan kesenian jatilan.  

 

“Hal ini sebagai promosi untuk memperkenalkan kelurahan Karangtengah melalui usaha kuliner yaitu dengan membuka taman kuliner dan menarik pembeli dengan menampilkan kesenian dari masyarakat Kelurahan Karangtengah,” imbuh Supriyono. 

 

Tercetusnya kuliner Tugu ini berasal dari inisiatif masyarakat sekitar yang meminta kepada Pokgiat dan pemerintah Kelurahan Karangtengah, masyarakat dapat berjualan di Limasan Lapangan Miring tersebut. 

 

Banyaknya masukan tersebut kemudian diterima oleh Pokgiat dan Pemerintah Kelurahan Karangtengah yang direalisasikan dengan membuat tempat kuliner. Terlebih, lokasi Lapangan Miring di Pedukuhan Karangrejek ini sangat dekat dengan jalan provinsi yang kebetulan biasa digunakan untuk orang-orang berwisata di Srikeminut ataupun wisata Heha yang ada di daerah Nawungan serta jalan tersebut sebagai penghubung antara Mangunan dan Selopamioro.  

 

Selain itu, Supriyono mengungkapkan harapannya terkait peresmian Kuliner Tugu tersebut.  

 

“Harapannya, setiap dua minggu sekali dapat diadakan event kesenian disini. Hal ini untuk memperkenalkan produk-produk di Pedukuhan Karangrejek terutama produk dari masyarakat kelurahan Karangtengah seperti keris, batik, cemilan, dan sebagainya,” pungkas Supriyono.

Komentar atas Tingkatkan Perekonomian Warga, Pemerintah Karangtengah Luncurkan Kuliner Tugu

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License