5 Tips Menjaga Tubuh agar Selalu Sehat menjelang Bulan Bulan Puasa

Admin New 19 Maret 2023 03:10:07 WIB

Hai… Hai.. Hai.. Readers!

Beberapa hari lagi, bulan ramadan akan segera tiba. Seluruh umat muslim di dunia menyambut dengan gembira. Nah, banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam menyambut bulan yang penuh berkah ini. Selain menjaga hati dan nafsu, ada hal penting yang harus dijaga yaitu kesehatan diri.

Kesehatan sangat penting bagi tubuh kita apalagi saat kita menjalankan ibadah puasa. Apa saja sih yang perlu dijaga? Berikut ada 5 tips untuk menjaga tubuh kamu agar selalu sehat saat menjalankan ibadah puasa.

  1. Mengubah pola tidur

Menjelang puasa hari pertama, kalau kamu masih punya jadwal tidur yang buruk dan tidak teratur, sebaiknya mulai diubah dari sekarang. Dikutip Halodoc, waktu tidur ideal untuk orang dewasa berkisar antara 7-8 jam per hari. Waktu tidur yang cukup berkaitan dengan kadar hormon yang disebut leptin, leptin berfungsi untuk mengurangi nafsu makan. Jadi kalau kamu kurang tidur di malam hari leptin akan menurun sekitar 15,5% yang mengakibatkan nafsu makan bertambah dan memicu obesitas, jadi saat puasa kamu bisa lebih gampang lapar. Oleh karena itu, ubah dan biasakan pola tidur sehat mulai dari sekarang ya!

 

  1. Memperbanyak minum air putih

Kamu pasti paham tubuh manusia mengandung 60 sampai 70 persen air. Untuk itu, jaga tubuh kamu agar kebutuhan air di tubuh selalu terpenuhi ya biar nggak dehidrasi. Dehidrasi bisa menyebabkan gejala, mulai dari yang ringan dan sedang seperti lelah, haus, tenggorokan kering, badan panas, sakit kepala, air kencing pekat, denyut nadi cepat, hingga gejala berat seperti halusinasi dan kematian. Nggak mau kan di bulan Ramadan nanti tubuh kamu kehilangan cairan dan mengalami gejala yang bisa menghambat ibadah puasa? Jadi pastikan kamu mengkonsumsi air putih 8 gelas per hari ya.

 

  1. Mengonsumsi buah dan sayuran

Agar tubuh kamu tetap sehat dari hari pertama sampai Idul Fitri tiba, kamu harus memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Dengan mengkonsumsi sayur dan buah, asupan nutrisi akan terjaga dan membantu mempertahankan stamina dan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat, vitamin dan mineral, dan juga pilih buah yang nggak terlalu manis ya, makanan yang manis membuat cairan dalam tubuh keluar lebih cepat, tubuh jadi lebih mudah lemas di siang hari.

 

  1. Membiasakan diri untuk berolahraga

Nah, ini nih kegiatan yang seringkali ditinggal pas lagi puasa. Puasa bukan jadi alasan untuk melewatkan waktu berolahraga. Tidur memang dihitung sebagai ibadah ketika berpuasa tapi bukan berarti kita boleh bermalas-malasan. Agar badan tetap sehat dan segar, kamu juga harus aktif bergerak, biasakan berolahraga mulai dari sekarang. Nggak perlu olahraga berat, yang simple-simple aja seperti lari kecil di halaman rumah, yoga, peregangan ringan atau sekedar membersihkan rumah. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tubuh tetap aktif bergerak, kalau dirasa lelah kamu bisa langsung beristirahat.

 

  1. Sahur dan berbuka yang cukup

Saat hari pertama puasa nanti dan seterusnya jangan sampai melewatkan waktu sahur ya. Sebab dengan sahur, tubuh kamu jadi punya energi untuk berpuasa sampai waktu berbuka tiba. Apalagi hari pertama nanti, jadikan sahur pertama awal yang baik untuk berpuasa sebulan penuh. Beberapa jam sebelum berbuka, kita seringkali punya banyak keinginan menu berbuka. Mulai dari gorengan, es buah, lontong, mie, teh manis dan sebagainya. Nah, hindari lapar mata seperti ini ya! Lambung kamu nggak akan sanggup menampung semuanya, yang ada mengganggu kesehatan tubuh nantinya. Kamu jadi cepat lelah, perut begah, dan gangguan pencernaan lainnya.

 

Itulah tadi 5 tips menjaga tubuh agar tetap sehat untuk menyambut datangnya bulan puasa. Salam sehat dan selamat menunaikan ibadah puasa.

 

Sumber : https://www.topkarir.com/article/detail/menyambut-bulan-ramadan-ini-5-tips-menjaga-tubuh-agar-selalu-sehat

 

Komentar atas 5 Tips Menjaga Tubuh agar Selalu Sehat menjelang Bulan Bulan Puasa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License