DKUKMPP Adakan Pelatihan Packaging dan Labeling Produk bagi Pelaku UMKM di Karangtengah

Admin New 20 Juni 2023 20:19:16 WIB

Karangtengah- Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul (DKUKMPP) mengadakan pelatihan packaging dan labeling produk bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Karangtengah yang diadakan pada hari Selasa – Kamis tanggal 20-23 Juni 2023.
Pelatihan Packaging dan Labeling Produk ini melibatkan 20 orang pelaku UMKM di Kelurahan Karangtengah. Sri Rusminiwati, SIP. MAP., selaku ketua penyelenggara menyampaikan batas peserta yang mengikuti pelatihan tersebut.
“Pelaku UMKM yang hadir pada pelatihan ini hanya 20 orang yang memang kita batasi. Harapannya, peserta yang hadir dapat menyalurkan ilmunya kepada pelaku UMKM lain di wilayah Kelurahan Karangtengah. Mengingat, data yang kami peroleh bahwa Kelurahan Karangtengah memiliki 608 UMKM,” ungkap Sri Rusminiwati saat ditemui di aula Kelurahan Karangtengah.
Selain itu, Sri Rusminiwati, SIP. MAP., mengatakan tujuan dari diadakan pelatihan tersebut. “Tujuannya, agar UMKM mempunyai izin atas produknya dan produk tersebut dapat dikemas sedemikian rupa agar terlihat cantik dan laku dipasaran,” imbuhnya.
Pelatihan ini juga memaparkan beberapa materi yaitu tentang meningkatkan perekonomian desa, pendampingan NIB, sertifikasi halal, SP-P. IRT, pemasaran produk UMKM, materi desain dan kemasan, pengenalan metode labeling, dan lain sebagainya.
Menurut Partinem sebagai pelaku UMKM dari Mojolegi dan Yanti pelaku UMKM dari Karangrejek yang keduanya merasakan manfaat dari adanya kegiatan pelatihan tersebut.
“Adanya pelatihan packaging dan labeling produk ini dapat menambah wawasan dan membantu kami untuk mempermudah produksi baik itu dari perizinan produk, sertifikasi halal, ataupun tentang pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) sehingga harapannya produk kita dengan mudah dapat laku dipasaran dalam negeri maupun luar negeri,” pungkas keduanya.

Komentar atas DKUKMPP Adakan Pelatihan Packaging dan Labeling Produk bagi Pelaku UMKM di Karangtengah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License