Rangkaian Merti Dusun, Padukuhan Karangrejek Gelar Kesenian Laras Madya

Admin New 26 September 2023 15:22:13 WIB

Rangkaian Merti Dusun Padukuhan Karangrejek menginjak hari kedua. Pada Minggu malam (24/9), Padukuhan Karangrejek menggelar kesenian Laras Madya yang diadakan di Lapangan Mini / Lapangan Miring, Karangrejek. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 20.00 - 23.00 WIB.

Kesenian Laras Madya merupakan kesenian yang muncul pada masa Pakubuwono X (1893-1930) di Kasunanan Surakarta. Laras Madya merupakan salah satu bentuk kreativitas yang dilakukan oleh para penyiar agama Islam, dengan memadukan nilai-nilai islam dan budaya jawa sehingga Islam dapat diterima di kalangan masyarakat jawa.

Nama "Laras Madya" berasal dari kata "Laras" yang artinya harmoni/tangga nada. Sedangkan "Madya" berati tengah. Secara harfiah, kesenian ini dapat diartikan sebagai seni musik yang memiliki nilai keseimbangan dalam memahami kehidupan, yaitu keseimbangan antara nilai budaya Jawa (sebagai identitas kesukuan) dan Islam (sebagai ideologi keagamaan).

Komentar atas Rangkaian Merti Dusun, Padukuhan Karangrejek Gelar Kesenian Laras Madya

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License