Karawitan dan Kenduri Jadi Penutup di Acara Merti Dusun Karangrejek

Admin New 30 September 2023 16:27:55 WIB

Karangtengah- Rangkaian acara Merti Dusun Karangrejek dilaksanakan pada tanggal 23-28 September 2023. Puncak acara Merti Dusun Karangrejek yaitu upacara Kenduri dan Pawai Gunungan. Ditambah lagi adanya kesenian karawitan sebagai pembuka pada acara yang dilaksanakn pada Kamis, (28/9) pukul 13.00 WIB tersebut.
Turut hadir dalam puncak acara Merti Dusun Karangrejek yaitu Bupati Bantul yaitu H. Abdul Halim Muslih. Selain itu, turut membersamai Panewu Kapanewon Imogiri, Lurah Kalurahan Karangtengah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Pamong Kalurahan Karangtengah, Bamuskal, Ketua Panitia Merti Dusun, dan seluruh warga Dusun Karangrejek.
Acara tersebut dimulai dengan penampilan kesenian karawitan dari warga Karangrejek kemudian disusul dengan sambutan dan sambutan-sambutan hingga acara terakhir yaitu Kenduri dan Pawai Gunungan, dan diakhiri dengan doa sebagai penutup.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Bantul yaitu H. Abdul Halim Muslih menyampaikan beberapa hal mengenai Merti Dusun dan Kebudayaan yang perlu dijaga dan dilestarikan.
“Merti Dusun ini harus diuri-uri. Kebudayaan itu meliputi beberapa hal, antara lain seni pertunjukan, karawitan, wayangan, ketroprak, dan adat istiadat serta tradisi seperti Merti Dusun saat ini. Kebudayaan merupakan tatanan sosial. Sosiale wong Bantul, wong Ngayogyakarta Hadiningrat itu mempunyai kebudayaan yaitu gotong royong,” ungkap Halim.
Selain itu, ia juga menyampaikan harapan dari acara Merti Dusun tersebut.
“Harapannya dalam Merti Dusun ini dapat menjadikan warga saling rukun dan kompak. Dengan adanya Merti Dusun ini, semua bisa bersama-sama memanjatkan rasa syukur atas pemberian anugerah dari Allah SWT supaya rahmat dan kasih sayang, serta pertolongan dari Allah bisa didapat kepada seluruh warga,” pungkas Halim.
Sementara itu, Lurah Kalurahan Karangtengah yaitu Haryanto juga menyampaikan apresiasi kepada panitia dan seluruh warga Dusun Karangrejek atas terselenggaranya acara Merti Dusun tersebut.
“Saya selaku dari Pemerintah Karangtengah mengucapkan terima kasih atas undangan yang telah diberikan kepada kami dan juga untuk para pamong kalurahan karangtengah dalam acara Merti Dusun Karangrejek ini. Sekaligus, kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua warga Dusun Karangrejek atas terselenggaranya Merti Dusun ini,” ucap Haryanto.
Kemudian diakhir acara, warga berdesak-desakan untuk merebutkan gunungan tersebut. Mereka mempercayai bahwa sayuran dari gunungan tersebut dapat mendatangkan berkah dalam kehidupan dan di akhir kegiatan tersebut ditutup dengan doa bersama-sama.

Komentar atas Karawitan dan Kenduri Jadi Penutup di Acara Merti Dusun Karangrejek

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License