Pamong Kalurahan Karangtengah beserta pengawas dan pengurus Bumkal Karang Makmur melakukan kunjungan

Admin New 14 Oktober 2023 05:36:41 WIB

Pamong Kalurahan Karangtengah beserta pengawas dan pengurus Bumkal Karang Makmur melakukan kunjungan ke Resik Plus, Pendowoharjo, Kasihan, Bantul. Kunjungan ini diadakan pada Sabtu (7/10) dalam rangka pelatihan pengelolaan sampah.

Resik Plus merupakan komunitas peduli sampah yang melakukan kegiatan jasa kelola sampah dan edukasi mengenai pengelolaan sampah komunal. Prinsip dalam kegiatannya, yaitu sampah tertangani dalam satu hari. Proses angkut, pemilahan dan pengelolaan sampah harus selesai dalam satu hari sehingga sampah tertangani dan tidak meninggalkan bau.

Kunjungan dilakukan di dua tempat, yaitu di TPS dan tempat pengelolaan plastik. Pada TPS, peserta melihat secara langsung proses pemilahan sampah yang dilakukan oleh 4 pekerja. Proses pemilahan dilakukan untuk memisahkan sampah organik dan non organik. Sampah organik diolah menjadi pupuk yang tersedia gratis untuk siapapun, sementara sampah non organik dapat dijual kembali, atau dikelola menjadi residu. Tempat selanjutnya yaitu pada pengolahan sampah plastik, dimana sampah plastik dilebur menjadi berbagai bahan yang dapat digunakan seperti batako dan meja.

Tidak hanya melihat secara langsung proses pengelolaannya, kunjungan kali ini juga mendapat banyak ilmu mengenai bisnis kelola sampah. Terutama dalam berbagai segi teknis dan alur penyampaian sosialisasi kepada masyarakat. Kegiatan kunjungan ini juga merupakan persiapan Kalurahan Karangtengah dalam mengelola sampah yang infrasturktur TPSnya sedang dalam proses pembangunan.

Komentar atas Pamong Kalurahan Karangtengah beserta pengawas dan pengurus Bumkal Karang Makmur melakukan kunjungan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License