Manfaat Daun Cangkring : Obat Tradisional

09 Januari 2019 11:46:58 WIB

TIPS - CACAR AIR merupakan sebuah penyakit yang dahulu biasa diderita baik oleh orang tua ataupun anak-anak kecil. Dewasa ini penyakit tersebut memang sudah semakin jarang ditemukan seiring dijumpainya perkembangan ilmu imunisasi. Namun bukan berarti penyakit cacar air lantas sudah tidak ada sama sekali, karena toh kenyataannya masih ada saja sebagian orang yang terserang penyakit tersebut.

Cacar air dahulu juga dipercaya bakal menyerang setiap orang, minimal satu kali selama hidupnya, sehingga bagi yang belum terkena penyakit ini, harus bersiap-siap menerima apabila memang sudah menjadi “semacam” bagiannya.

Daun Cangkring

Selain dengan pertolongan ahli medis, cacar air sejatinya juga sudah bisa ditangkal oleh orang-orang dahulu, yaitu dengan menggunakan sebuah daun dengan nama daun cangkring. Daun yang memiliki nama latin erythrina variegata.

Daun cangkring memiliki ciri-ciri berwarna hijau, sedang bagian kulit batang biasa berduri dengan warna hitam yang menempel tiap titik duri itu dengan jarak sekitar 1 hingga 2 milimeter. Pada musim kemarau, daun cangkring akan mengering dan berguguran.

Ramuan Obat

Guna mengobati cacar air, silakan ambil sebanyak dua lembar daun cangkring, kemudian bersihkan, dan lalu rebus menggunakan air sebanyak 3 liter yang ditambahi dengan garam dapur sebanyak 3 sendok makan.

  • Orang Dewasa

Setelah mendidih, silakan air rebusan tersebut dicampur dengan air dingin secukupnya, sehingga pas digunakan  sebagai air mandi.   Lakukan jangan cuma sekali, melainkan berulangkali, yaitu setiap harinya dua kali, pagi dan sore, hingga cacar air benar-benar mulai mengering dan menghilang.

  • Anak-anak

Untuk anak-anak, gunakan air ramuan tersebut untuk berendam si kecil, dengan volume sama dan juga jangan cuma sekali melakukannya.

Demikian mengenai penyembuhan cacar air dengan cara herbal. Hal yang mungkin bisa dijadikan tambahan pengetahuan, daun cangkring yang masih muda juga bisa dimanfaatkan sebagai sayuran. Ini memberikan manfaat bagus khususnya bagi kaum wanita. Memperbanyak ASI, melancarkan haid, dan membuat tidur nyenyak.

Komentar atas Manfaat Daun Cangkring : Obat Tradisional

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License