Puskesmas II Imogiri Beri Perhatian Lebih Terhadap Kesehatan Pamong Desa

15 Oktober 2019 13:17:40 WIB

KarangtengahNews - Senin (14/10)sekiranya jam 11.00 WIB tiga petugas Puskesmas Imogiri II mendatangi kantor desa Karangtengah dengan membawa alat cek kesehatannya. Layanan cek kesehatan gratis untuk pamong desa ini adalah kegiatan perdana yang dilakukan Puskesmas II Imogiri. Pemeriksaan yang dilakukan antara lain cek tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat. Selain itu petugas juga menimbang berat badan dengan timbangan tanita untuk mengukur kadar lemak tubuh, lemak perut, BMI, usia sel, serta kebutuhan kalori harian.
"Kegiatan ini dalam rangka GERMAS, agar Pamong Desa juga dapat mengetahui secara dini kondisi kesehatannya, karena sekarang kan banyak penyakit tidak menular (PTM) yang ada di masyarakat, seperti diabetes, kolesterol, obesitas, makanya perlu menyasar ke perangkat desa biar lebih peduli dengan kesehatannya. Kalau sehat kan nanti dalam bekerja melayani masyarakat jadi lebih semangat dan maksimal", ungkap dr. Maria saat ditanyai Perangkat Desa disela-sela mengukur tensi.

Kegiatan cek kesehatan gratis ini dirasa sangat bermanfaat bagi pamong desa. Adapun dari 15 perangkat yang melakukan cek kesehatan terdapat 7 orang yang mendapat rujukan ke Puskesmas II Imogiri karena gula darah, kolesterol dan asam urat yang tinggi. Selain memeriksa kesehatan, petugas dari puskesmas juga memberi edukasi kepada pamong desa untuk menjaga pola hidup sehat dengan rajin aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, perbanyak minum air putih, mengkonsumsi buah dan sayur, dan cek kesehatan secara rutin. 

Dalam sesi konsultasi petugas juga memberikan arahan untuk pemilihan makanan yang tepat agar dapat menurunkan gula darah, kolesterol dan asam urat. 
"Zaman semakin maju, tuntutan kerja juga semakin berat dan banyak jadi pamong harus sehat-sehat agar dalam menjalankan tugasnya bisa maksimal", ungkap Pj.Lurah Desa, Bapak Sukendro.

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat ebrjalan rutin agar kesehatan pamong desa dapat termonitor dengan baik dan leboh maksial dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat. 

 

Komentar atas Puskesmas II Imogiri Beri Perhatian Lebih Terhadap Kesehatan Pamong Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License