Kegiatan Outing Class Ajak Anak-Anak Dusun Pucunggrowong Berburu Harta Karun!

11 November 2019 10:00:59 WIB

KarangtengahNews – Belajar di luar kelas? Bermain dan berlari bersama suasana alam sekitar? Sangatlah menyenangkan! Konsep ini secara apik dipersembahkan oleh kombinasi komunitas Jaring Laba-Laba (Jaringan Silaturrahmi Belajar Bersama), Wasireng (Wahana Sinau Bareng), Jamblang Genthong (Komunitas Pelestari Dolanan Tradisional), P3S (Paguyuban Pengajar Pinggir Sungai) dan Sinten Remen (TPA Dusun Srunggan) dalam kegiatan outing class “Minggu Asyik”. Kegiatan yang berlangsung pada Ahad, 10 November 2019 ini mengajak anak-anak untuk lebih mengenal dan akrab dengan alam sekitar. Bertempat di Taman Dolanan dan Bukit Jati Klinthing (Dusun Pucunggrowong), kegiatan ini mengajak anak-anak Wasireng, Jamblang Genthong, anak-anak Dusun Pucunggrowong dan TPA Sinten Remen untuk permainan dan belajar hal-hal seru dalam rangkul tawa riang.

            Acara ini berlangsung dari jam 9 pagi hingga 2 siang. Awal permainan yang dimulai dengan kegiatan ice breaking, kemudian pembentukan kelompok dengan 5-7 anggota, yang mengawali permainan “mencari harta karun”. Permainan ini berlangsung di bukit Jati Klinthing yang terletak tepat di sebelah tenggara Taman Dolanan. Anak-anak dibekali sebuah peta sebagai panduan untuk mencari harta karun. Permainan ini juga menambahkan monster yang akan menangkap anak-anak saat mereka terlambat memasuki pulau ataupun melanggar peraturan. Anak-anak sangatlah bersemangat dan antusias untuk mencari harta karun yang bersembunyi di semak-semak maupun sekitar pohon besar. Total ada 5 harta karun yang harus ditemukan pada area ini. Selanjutnya memasuki siang hari, kegiatan pun dilanjutkan di Taman Dolanan. Setelah acara break, anak-anak dipandu untuk membuat kolase dari daun-daun yang ada di lingkungan sekitar. Anak-anak pun bebas berkreasi dengan ragam dedaunan yang ada di sekitar taman. Tidak lama setelah itu, pengumuman untuk kategori team pun disampaikan.  Setelah itu, anak-anak bebas memainkan permainan apapun yang tersedia di Taman Dolanan.

            Komunitas Jamblang Genthong yang menjadi tuan rumah dalam acara ini pun merasa sangat antusias. Segala persiapan dilakukan semaksimal mungkin hingga acara selesai. Beberapa dari mereka juga berperan sebagai monster yang memeriahkan suasana permainan mencari harta karun. Ihsan yang merupakan anggota aktif yang kerap terlibat dalam perancangan kegiatan taman pun memaparkan kesannya. “Saya senang, bisa mengumpulkan anak-anak dari berbagai daerah menjadi satu. Dan anak-anak juga sangat antusias. Mereka sangatlah menggemaskan” papar Ihsan. Tidak terasa, setelah berdirinya Komunitas Jamblang Genthong sekitar 1,5 tahun lalu, komunitas ini selalu aktif menghadirkan berbagai kegiatan edukatif melalui semangat melestarikan dolanan tradisonal.

Dokumen Lampiran : Kegiatan Outing Class - Yanti


Komentar atas Kegiatan Outing Class Ajak Anak-Anak Dusun Pucunggrowong Berburu Harta Karun!

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License