KIRAB BUDAYA HUT DESA KARANGTENGAH Ke 96

SUHUD N 31 Desember 2019 01:24:55 WIB

KarangtengahNews - "Mari jadikan acara ini sebagai momen dan semangat kita untuk bersama-sama membangun Bantul"

Kalimat di atas diucapkan oleh Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono ketika membuka upacara dalam rangka Hari Ulang Tangun desa Karangtengah, Kecamatan Imogiri, Bantul di Lapangan Banteng Mati pada Senin (23/12) lalu.

Selain Bupati Bantul, upacara kirab budaya HUT desa Karangtengah yang ke-96 tersebut juga dihadiri oleh Indrianta SIP, Sekretaris Kepala Dinas Budaya Kab. Bantul, Dra. Sri Kayatun, Camat Imogiri, perwakilan Lurah Desa karangtengah, Sukendro, S.Sos, Pamong, hingga warga masyarakat Desa Karangtengah dan sekitarnya yang berjumlah kurang lebih 500 orang.

Balutan nuansa Jawa yang diusung dalam upacara hingga kirab budaya dengan tema HUT "NYAWIJI GREGET SENGGUH ORA MINGKUH BANGUN DESA" ini selaras dengan cita-cita pembangunan yang disampaikan oleh Bupati Bantul pada pidatonya. Nuansa Jawa tersebut terlihat dari tata upacara, bahasa yang dipilih, hingga berbagai pakaian yang dikenakan oleh seluruh warga yang hadir dalam upacara tersebut.

Setelah upacara selesai, acara Kirab Budaya akhirnya dimulai tepat pada pukul 14:00 di lapangan Banteng Mati yang dilepas oleh Camat Imogiri, Dra. Sri Kayatun. Hampir seluruh lapisan masyarakat Desa Karangtengah dan sekitarnya mengikuti Kirab Budaya ini, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia.

Rute yang dilewati oleh kirab tersebut lummayan jauh, yaitu sekitar tiga kilometer. Dimulai dari Lapangan Banteng Mati, iring-iringan kirab menuju perempatan Mojolegi - dusun Numpukan atau perempatan SD Numpukan - dusun Kemasan - perempatan Dusun Karangtengah - pertigaan Puconggrowong hingga berakhir di Balai Desa Karangtengah. Meskipun menghabiskan waktu lebih dari 1,5 jam, warga yang ikut tak menunjukkan tanda-tanda kelelahan sama-sama sekali.

Bahkan, antusiasme warga desa Karangtengah tak juga surut terlihat dari aksi berebut gunungan sesampainya di Balai Desa Karangtengah pada sekitar pukul 16:00. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pengumuman

SAKSIKANLAH TURNAMEN BOLA VOLY DI LAPANGAN GALOMBO MOJOLEGI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License