Tips Sederhana Menghadapi Musim Hujan

SUHUD N 07 Januari 2020 16:02:05 WIB

KarangtengahInfo - BMKG memprediksi bahwa musim hujan di tahun 2019/2020 akan jatuh pada bulan November hingga Desember dimana beberapa zona atau wilayah akan lebih basah dari normalnya. Waktu yang tidak lama dan juga iklim yang tidak bisa ditebak membuat kita harus lebih dini mempersiapkan diri menghadapi musim hujan.

Perubahan cuaca yang ekstrim ini dapat memicu penurunan daya tahan tubuh. Jadi, kita harus menjaga tubuh agar tetap fit. 

 

Berikut beberapa tips sederhana yang wajib kita tahu supaya tetap sehat selama musim hujan:

 

Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat bisa dilakukan dengan menjaga asupan makanan dengan gizi seimbang. Ketika kita menghadapi musim hujan, lebih baik hindari minum minuman dingin agar terhindar dari flu dan batuk. Atur juga jam istirahat yaa, agar tubuh kembali bugar setelah seharian beraktivitas. 

 

Pastikan selalu ‘higienis’ setiap hari

Dalam menghadapi musim hujan urusan kebersihan adalah nomor satu. Bakteri atau kuman bisa tertempel melalui tangan, oleh karena itu pastikan kamu selalu higienis setiap hari. Biasakan untuk mencuci tangan setiap baru tiba dirumah, menyentuh barang atau objek, sebelum dan sesudah makan dan setiap kali setelah menyentuh kamar mandi.

Tapi, mencuci tangan dengan air saja tidak cukup membuat kuman dan bakteri di tangan menghilang, untuk itu, cucilah tangan dengan menggunakan sabun yaa, agar bakteri yang bersarang di tangan bisa hilang.

 

Mengkonsumsi Madu dan Vitamin

Ketika menghadapi musim hujan kita harus memiliki antibodi yang kuat sehingga tidak mudah tertular penyakit, konsumsi madu secara teratur karena kandungan baik pada madu diyakini dapat meningkatkan antibodi dan menyembuhkan penyakit, karena itu madu sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita. Selain madu, Vitamin C juga dapat menjaga daya tahan tubuh kita, lho.

 

Gunakan jaket dan pakaian tebal

Ketika menghadapi musim hujan sangat disarankan untuk menggunakan pakaian yang tertutup dan tebal agar tubuh tetap hangat. Biasanya hujan yang turun berbarengan dengan angin yang kencang. Saat kita mengenakan pakaian yang tipis, angin dengan mudah akan masuk ke tubuh kita dan menyebabkan masuk angin. Jadi, pakailah jaket atau sweater ketika berpergian ke luar rumah yaa.

 

Selalu sedia payung dan jas hujan

Bagi pengguna dan pemilik transportasi, wajib hukumnya membawa payung dan jas hujan ketika menghadapi musim hujan. Saat hujan turun, kita harus melindungi bagian tubuh kita dari air hujan, terutama kepala. Air hujan yang mengenai kepala dapat membuat kita sakit kepala.

 

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa kita lakukan ketika menghadapi musim hujan. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pengumuman

SAKSIKANLAH TURNAMEN BOLA VOLY DI LAPANGAN GALOMBO MOJOLEGI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License