Sekilas tentang Komunitas Jamblang Genthong dan Taman Dolanan

08 Januari 2020 07:33:45 WIB

KarangtengahTokoh - Jamblang Genthong merupakan nama sebuah komunitas yang memfasilitasi pembangunan Taman Dolanan. Anggota dari komunita sini merupakan pemuda yang ada di Dusun Pucunggrrowong, Karangtengah, Imogiri, Bantul. Nama “Jamblang Genthong” sendiri berasal dari nama buah yang hidup di sekitar kawasan taman, yaitu buah duwet/jamblang (anggur jawa). Komunitas ini telah berdiri sejak bulan Mei 2018 dan telah mengadakan berbagai event selama kegiatannya.

Taman Dolanan merupakan nama sebuah kawasan yang mempunyai visi yaitu sebagai wadah bagi anak-anak atau masyarakat umum untuk bermain dan belajar hal-hal yang bersifta positif melalui fasilitas-fasilitas yang ada. Taman ini dirancang sebagai sebuah media yang dapat mengembalikan semangat permainan tradisional untuk kembali diterapkan dalam keseharian masyarakat jaman sekarang. Oleh karena itu, kawasan ni mengambil nama kata “Dolanan” (bahasa Jawa) yang bermakna “bermain”. Sebagai upaya perwujudannya, taman ini memanfaatkan kawasan lereng bukit yang sebelumnya hanya kumpulan semak-semak, kini perlahan disulap menjadi sebuah taman yang menarik dan berkesan untuk didatangi.

Tujuan Pembangunan Taman Dolanan, yaitu sebagai berikut:

  1. Meningkatkan rasa peduli, toleransi, kemandirian, kerjasama dan tingkat keaktifan anak dalam bersosialisasi.
  2. Merubah fungsi ruang yang sebelumnya terabaikan, menjadi lebih bermanfaat.
  3. Melestarikan Permainan-Permainan Tradisional.
  4. Mengurangi ketergantungan anak pada perangkat gawai (gadget).
  5. Meningkatkan kualitas lingkungan bermain anak menjadi lebih kondusif.

Pendirian taman diusahakan oleh para pemuda melalui pengajuan proposal, penggalangan dana, dan penjualan merchandise. Usaha pengajuan proposal yaitu dengan merincikan seluruh perencanaan terkait pembangunan taman. Kemudian untuk penggalangan dana, komunitas ini melakukan open donation pada event besar, misalnya Pasar Kangen dan Prambanan Jazz. Penggalangan dana dilakukan dengan mengenakan kostum tokoh pewayangan sambil mengenakan egrang. Usaha selanjutnya yaitu penjualan merchandise. Komunitas Jamblang Genthong telah merelease merchandise pertamanya, yaitu dalam bentuk design kaos. Selain itu, komunitas ini juga memproduksi kain motif ecoprint yang dapat dipesan melalui akun instagram.

Kebudayaan dan kesenian juga telah berkembang di taman ini. Kesenian tersebut adalah Marching Blek dan Gejog Lesung. Marching Blek merupakan penampilan bermusik melalui barang bekas, yang dimainkan sambil mengenakan egrang. Penampilan ini telah dipentaskan di berbagai acara di bantul maupun kota Yogyakarta. Kemudian untuk gejog lesung, Komunitas Jamblang Genthong sedang mengembangkan sekumpulan pemuda yang mulai belajar kesenian gejog lesung, dimana penampilan ini pernah ditampilkan pada Festival Angon Bocah #1.

Bagaimana? Penasaran dengan Komunitas Jamblang Genthong dan Taman Dolanan? Yuk! Kunjungi taman dan komunitas ini di Dusun Pucunggrowong RT 01, Karangtengah, Imogiri, Bantul, D.I.Yogyakarta. Untuk info lebih lengkapnya, bisa intip via akun instagram : @tamandolanan.

Dokumen Lampiran : Sekilas tentang Taman Dolanan Jamblang Genthong


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pengumuman

SAKSIKANLAH TURNAMEN BOLA VOLY DI LAPANGAN GALOMBO MOJOLEGI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License