Sekilas Penyebutan untuk Dusun Pucunggrowong

10 Januari 2020 09:21:03 WIB

KarangtengahInfo – Dusun Pucunggrowong merupakan dusun terluas yang ada di Desa Karangtengah. Pada pembagiannya, dusun ini memiliki 9 RT dengan penyebutan yang berbeda-beda. Penyebutan tersebut adalah Pucunggrowong, Padasan, Srunggan dan Morogaten. Pembagian ini didasarkan pada karakteristik lokasi dari masing-masing RT.

Pertama, yaitu mengenai Pucunggrowong. Pucunggrowong yang dimaksud adalah Dusun Pucunggrowong RT 01 sampai RT 04 (4 RT). Keempat RT ini menempati kawasan dengan lahan datar dan berada di sebelah barat sungai Celeng. Kemudian yang kedua adalah Padasan. Kawasan Padasan yang dimaksud adalah Dusun Pucunggrowong RT 05 yang berada di sebelah timur sungai Celeng, atau lebih akrab dipanggil “tankali” (wetan kali/timur kali). Kondisi pada kawasan ini memiliki tanah padas (berwarna merah) dan berlereng. Karena hanya terdiri dari satu RT, kegiatan sosial yang ada di Padasan pada beberapa perkumpulan, digabungkan dengan Pucunggrowong. Misalnya untuk perkumpulan Muda-Mudi/Karang Taruna Tingkat Dusun, organisasi ini bernama “Muda-Mudi Islam Pucunggrowong-Padasan”.

Selanjutnya yaitu Morogaten. Morogaten menempati Dusun Pucunggrowong untuk RT 06. Kawasan ini terletak di sebelah selatan Padasan, dengan kondisi tanah yang tinggi dan berlereng. Kemudian yang terakhir adalah Srunggan. Srunggan berada di Dusun Pucunggrowong sebelah selatan dan menempati Dusun Pucunggrowong RT 07 sampai RT 09 (3 RT). Srunggan dan Pucunggrowong dipisahkan oleh sebuah bukit yang bernama “Jati Klinthing”. Untuk mengakses Srunggan dari Pucunggrowong, penduduk biasanya melewati jalan yang ada di sebelah bukit Jati Klinthing. Bukit ini juga menjadi area pemakaman penduduk Srunggan pada bagian puncaknya. Lokasi Srunggan juga berada di sebelah barat sungai Celeng dan sangat rentan terhadap bencana banjir mengingat ketinggian permukaan tanahnya yang paling rendah dibandingkan dengan RT lain di Dusun Pucunggrowong. Pada 2 bencana banjir yang menimpa Desa Karangtengah dalam 5 tahun terakhir, Srunggan menjadi lokasi dengan dampak terparah dan hampir semua pemukiman penduduknya tergenang air.

Komentar atas Sekilas Penyebutan untuk Dusun Pucunggrowong

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pengumuman

SAKSIKANLAH TURNAMEN BOLA VOLY DI LAPANGAN GALOMBO MOJOLEGI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License