Perlu Tahu, ini Langkah Paling Efektif Untuk Cegah Virus Corona!

SUHUD N 27 Januari 2020 09:19:14 WIB

KarangtengahInfo - Di awal tahun 2020 ini, salah satu virus telah ditemukan tersebar di China, yaitu Corona.
Virus yang menyebabkan penyakit pada mamalia, ayam, kelelawar, dan manusia ini ditemukan pertama kali di Wuhan, China. Menurut WHO, dari 17 orang yang meninggal, rata-rata berumur 73 tahun, 76 persen laki-laki, dan meninggal setelah 10,8 hari sejak mendapat pertolongan medis. Negara yang dilaporkan warganya terserang penyakit ini adalah Jepang, Thailand, Korea Selatan, hingga Singapura.

Meskipun tersebar dengan cepat, beberapa tindakan pencegahan bisa kamu lakukan untuk terhindar dari virus ini.

Dilansir dari berbagai sumber, berbagai tindakan yang bisa kamu ambil sebagai langkah preventif dari Coronavirus.

 

1. Cuci tangan dan gunakan alat masak yang berbeda

 

Ketika memasak, pastikan kamu menggunakan pisau dan alas yang berbeda antara bahan mentah dengan bahan yang sudah dimasak. Setiap pergantian memasak bahan mentah ke bahan yang sudah dimasak, pastikan kamu mencuci tangan.

 

2. Pastikan bahan makan dimasak dengan baik

 

Meskipun berada di area yang dilaporkan terjangkit Coronavirus, berbagai bahan masakan tetap bisa dikonsumsi. Namun, pastikan berbagai bahan makanan tersebut dimasak dengan hati-hati.

 

3. Cuci tangan dengan sabun, air atau handrub alkohol

 

Pastikan kamu mencuci dengan baik tanganmu terutama ketika membantu orang yang sedang sakit, setelah batuk atau bersin, ketika memasak, sebelum makan, setelah menggunakan toilet, atau sebelum dan sesudah bersentuhan dengan binatang. Cuci tanganmu dengan air, sabun, atau handrub yang mengandung 70 hingga 80 persen alkohol. Pastikan kamu cuci tangan dahulu setiap kali akan menyentuh hidung, mata, atau mulut. 

 

4. Pastikan area kerja bersih

 

Lakukan disinfeksi berbagai peralatan di tempat kerjamu, terutama bagi yang bekerja di area yang basah atau lembap. Gunakan berbagai alat pengaman seperti kaos tangan hingga masker ketika melakukan kontak dengan hewan atau produk hewan. Cuci secara reguler berbagai alat yang digunakan dalam bekerja.

 

5. Hindari liburan ketika terserang demam dan batuk

 

Lebih baik istirahat di rumah dahulu daripada memaksakan diri melakukan liburan jika kamu sedang mengalami demam atau batuk. Namun jika kamu memiliki beberapa gejala seperti demam, batuk, hingga sulit bernapas, segera minta pertolongan kesehatan dan sampaikan riwayat perjalananmu ke perawat atau dokter yang menangani.

Gejala yang paling umum ketika terserang Corona adalah demam, batuk, flu, lemas hingga sesak napas, terutama bagi orang-orang yang memiliki riwayat kunjungan ke beberapa negara, mulai dari China, Thailand, Korea Selatan, Singapura, Taiwan, Amerika Serikat hingga Jepang yang telah dilaporkan terjangkit virus ini selama paling tidak 14 hari sebelumnya.

 

 

Sumber: https://m.akurat.co/id-974729-read-sudah-menyebar-hingga-singapura-ini-5-langkah-paling-efektif-cegah-virus-corona

Komentar atas Perlu Tahu, ini Langkah Paling Efektif Untuk Cegah Virus Corona!

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License