Olahan Gayam yang Menggiurkan dari Kemasan

28 Januari 2020 12:39:28 WIB

KarangtengahNews - Pohon gayam selama ini dikenal sebagai pohon yang hidup liar. Jarang sekali pohon ini dibudidayakan. Pada umumnya pohon ini tumbuh di kebun, ladang, tepi sungai, dan tepi sumber mata air.  Pohon gayam yang tingginya mencapai 20-an meter dengan diameter batang mencapai 65 cm ini memiliki penampilan yang terkadang menimbulkan kesan angker dan mistis, sehingga jarang dibudidayakan. Batang pohon gayam sering kali beralur tidak teratur, kadang-kadang berakar banir, dengan percabangan merunduk. Pada kulit batang bagian dalam mengandung cairan berwarna merah. 

Selain akarnya yang mampu menyimpan air ternyata buah gayam memiliki banyak khasiat. Khasiat itu antara lain: mengobati sariawan dan penyakit akibat kekurangan vitamin C, menjaga sistem kekebalan tubuh, mengobati diare, dan menjaga kesehatan usus. 

Oleh karena manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh ini, masyarakat di Pedukuhan Kemasan mencoba berbagai olahan dari buah gayam. Olahan itu antara lain: keripik, kue, gayam saus kacang, gayam asam manis, dan aneka macam olahan lainnya. Gayam sesungguhnya dapat dikonsumsi dengan cara direbus. Namun, akan begitu nikmat jika ditambah berbagai macam bumbu lainnya. 

Pedukuhan Kemasan yang dilalui Sungai Celeng, membuat pohon gayam dapat tumbuh subur di wilayah ini. Nuansa mistis yang dahulu sering dikatakan oleh orang tua tidak lagi dipercaya sehingga pohon ini tumbuh banyak di wilayah ini. Anak-anak pun sekarang gemar mengumpulkan buah gayam yang jatuh dari pohon untuk dikumpulkan.

Komentar atas Olahan Gayam yang Menggiurkan dari Kemasan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License