5 Tips agar Tidak Sakit Setelah Kehujanan

AHMAD PAMUJI 28 Januari 2020 17:08:00 WIB

TIPS - Saat memasuki musim hujan tentunya kita tidak lepas dari yang namanya kehujanan, baik karena bermain hujan - hujanan, ataupun saat sedang di luar rumah dan lupa bawa jas hujan namun kita memaksakan untuk menerjang hujan. Nah, setelah terkena hujan biasanya kita langsung masuk angin atau terkena flu dan demam. Yuk antisipasi agar kita tidak sakit setelah terkena hujan. Bagaimana caranya?

Simak tips berikut ini.

  1. Segera Lepas Pakaian yang Basah Selepas terkena hujan biasanya pakaian kita basah, pakaian basah menyebabkan tubuh kita kedinginan sehingga suhu tubuh kita menurun. Turunnya suhu tubuh kita menyebabkan sistem imun tubuh kita menjadi sedikit melemah, saat itulah kita mudah terserang penyakit seperti flu. Maka untuk mengantisipasinya segera lepas pakaian yang basah dan keringkan tubuh.
  2. Mandi dengan Air Hangat dan Keramas Setelah lepas pakaian segera mandi dan usahakan keramas. Air hujan yang mengenai kepala dan tubuh kita mengandung senyawa yang bersifat asam serta mengandung kuman dan bakteri. Mandi dan keramas dapat membersihkan tubuh kita dari senyawa dan kuman/bakteri tersebut. Mandi dengan air hangat lebih baik karena dapat meningkatkan suhu tubuh kita.
  3. Kenakan Pakaian yang Hangat Setelah hujan turun suhu juga akan turun untuk mengantisipasi tubuh kita kedinginan dan sakit kenakan pakaian yang hangat dan lebih tebal.
  4. Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Hangat Mengonsumsi makanan dan minuman hangat bisa bikin suhu tubuh yang dingin menjadi hangat, sehingga kekebalan tubuh nggak gampang turun. Flu dan pilek dipercaya bisa dicegah dengan konsumsi makanan dan minuman hangat.
  5. Istirahat Beristirahatlah untuk menjaga agar sistem imun lebih kuat. Tidur yang cukup bisa memulihkan stamina dan mengembalikan sistem kekebalan tubuh yang sempat turun. Kelelahan menjadi celah bagi virus penyakit untuk menyerang kita. Demikian tips sederhana menjaga agar tubuh tetap sehat meski terkena hujan, mari sebarkan kepada keluarga, saudara dan teman kita. Salam sehat.

Komentar atas 5 Tips agar Tidak Sakit Setelah Kehujanan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License