Makanan Sehat dan Menghangatkan saat Musim Hujan

29 Januari 2020 09:27:25 WIB

TIPS-- Memasuki musim hujan, daya tahan tubuh biasanya akan menurun sehingga lebih rentan terkena penyakit. Hal ini disebabkan karena penyebaran virus dan bakteri menjadi lebih mudah dan cepat dalam kondisi lembap.Untuk itu, tubuh perlu dipersiapkan untuk menghadapi musim hujan. Bukan hanya menjaga tubuh kering dan hangat dengan payung dan jaket, tetapi makanan yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan untuk membuat tubuh tetap sehat dan hangat di musim hujan.

Agar Anda tak asal kenyang dan kelebihan kalori, pertimbangkan untuk memilih makanan sehat. Berikut makanan sehat yang cocok untuk menghangatkan tubuh Anda di musim hujan dan membuat mood kembali cerah.

1.Sup Ayam

Seringkali ketika sakit, orang-orang memilih makan sup ayam. Sup ayam merupakan comfort food sekaligus bisa memberikan asupan cairan dan nutrisi karena terdapat banyak sayuran dan ayam sebagai sumber vitamin dan protein.

Bawang putih yang merupakan bumbu utama dalam membuat sup ayam mengandung filonutrien yang mampu memperkuat imunitas, mengurangi kelelahan, dan mencegah tubuh dari serangan demam dan flu, mengurangi masalah pencernaan, bahkan mengatasi peradangan atau iritasi pada saluran lambung.

2.Capcay

Cap cai atau capcay adalah makanan yang berasal dari China untuk menyebut tumisan aneka sayur. Selain rasanya enak, capcay termasuk kategori makanan bergizi karena terdapat berbagai macam sayuran di dalamnya.

Wortel, kembang kol, caisim, jagung muda, kacang kapri, brokoli dominan di dalam seporsi capcay. Sayuran-sayuran tersebut kaya nutrisi seperti serat, protein, vitamin, asam folat namun rendah kalori sehingga sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh serta terhindar dari penyakit dan obesitas. 

3.Soto

Siapa yang tidak tahu soto. Makanan berkuah kuning ini memiliki berbagai variasi di setiap daerah. Namun secara umum, soto ayam dimasak menggunakan kunyit dan jahe. Masakan dengan jahe di dalamnya cocok sekali disantap ketika cuaca sedang dingin atau hujan.

Sebab jahe bekerja untuk menghangatkan tubuh dari dalam dan menstimulus produksi keringat. Terlebih, jahe memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang membantu mengatasi hidung tersumbat, mual, pilek, dan demam.

4.Sayur Asem

Sayur asem adalah sejenis sop sayur dengan kuah asam yang berasal dari daerah Jawa Barat dan sekitarnya. Di dalamnya terdapat berbagai macam sayur seperti labu siam, daun dan biji melinjo, jagung, nangka muda, kacang panjang, dan kacang merah.

Asam, sebagai bahan utama pembuat rasa asam pada kuah membantu melancarkan pencernaan dan menuntaskan sembelit, sehingga dipercaya bisa menurunkan berat badan. Sama halnya dengan sayur labu siam yang kaya serat, makanan ini juga membantu melancarkan pencernaan dan membantu membuat perut lebih cepat kenyang tanpa khawatir kelebihan berat badan karena minim kalori.

5.Mi Godog

Mi godog dalam bahasa Indonesia berarti mi rebus. Makanan khas Jawa Tengah ini selalu disajikan panas-panas sehingga cocok sekali dinikmati ketika cuaca sedang dingin maupun hujan. Bedanya dengan mi berkuah lainnya, mi godog dimasak dengan campuran berbagai rempah-rempah.

Selain itu mi godog disajikan dengan sayur seperti kubis, sawi hijau, tomat, serta suwiran ayam kampung rebus sehingga lebih sehat dibanding mi instan yang mengandung banyak lemak jenuh serta tinggi garam dan MSG.

Agar tidak hilang nutrisinya dan kalori tetap terjaga, disarankan untuk memasaknya sendiri dan mengurangi penggunaan minyak juga garam.

6.Bakso

Bakso sapi menyediakan mineral, vitamin, dan protein yang diperlukan bagi tubuh. Namun manfaat kesehatan itu didapat jika Anda membuat bakso sendiri dengan menggunakan daging tanpa lemak serta mengonsumsinya dalam porsi normal. Anda juga bisa menambahkan sayuran seperti sawi dan tauge untuk mencukupi kebutuhan serat.

Jika jajan di warung seringkali kuah bakso mengandung tinggi natrium dan penyedap berlebihan yang bisa memicu hipertensi dan sariawan. Adonan baksonya sendiri biasanya telah dicampur bahan pengawet seperti boraks maupun formalin.

7.Ronde

Ronde biasa dicari orang ketika malam hari terlebih saat hujan karena bisa menghangatkan tubuh dan tenggorokan. Penganan tradisional ini berisi olahan tepung ketan yang dibentuk bulat warna-warni dan diisi gula merah kemudian disiram dengan kuah jahe manis panas dan kacang tanah.

Terbayang betapa legitnya, bukan? Seporsi ronde bisa cukup mengganjal perut apabila tidak sedang terlalu lapar. Harganya pun murah. Biasanya seporsi ronde dijual sekitar Rp 10 ribuan saja.

Dan masih banyak lagi menu yang pas dan sehat untuk tubuh.

 

 

Komentar atas Makanan Sehat dan Menghangatkan saat Musim Hujan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License