9 Manfaat Buah Mangga yang Baik untuk Kesehatan

30 Januari 2020 11:15:35 WIB

KarangtengahSehat - 9 Manfaat Buah Mangga yang Baik untuk Kesehatan

1.Membantu Pencernaan

Manfaat buah mangga untuk kesehatan salah satunya adalah untuk memperlancar pencernaan yang sehat. Dalam buku 'Healing Foods' oleh DK Publishing, mangga mengandung enzim yang membantu pemecahan dan pencernaan protein dan juga serat yang membuat saluran pencernaan bekerja dengan optimal.

Serat yang dikandung dalam buah mangga dapat membantu turunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Mangga muda memiliki lebih banyak serat pektin dibandingkan buah mangga yang sudah matang pohon. Sehingga ini bisa menjadi manfaat buah mangga muda bagi tubuh.

2. Membuat Usus Lebih Sehat

Mangga mengandung serat prebiotik yang dapat memberikan makanan bagi bakteri baik di usus. Usus yang tidak sehat dapat merusak kondisi kesehatan. Jika usus bermasalah, tentu penyerapan makanan tidak bisa berjalan optimal.

Manfaat buah mangga untuk kesehatan.Manfaat buah mangga untuk kesehatan. Foto: iStock

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah mangga mengandung dua pertiga vitamin C dan juga antioksidan. Antioksidan yang kuat dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tentunya ini jadi salah satu manfaat buah mangga untuk kesehatan.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat buah mangga yang lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan mata. Tak hanya mengandung vitamin C, buah mangga juga mengandung vitamin A dan antioksidan yang dapat mencegah degenerasi makula terkait usia atau hilangnya penghlihatan.

5. Menurunkan Kolesterol

Mangga bisa membantu mengatur kadar kolesterol. Tingginya kadar pektin dapat membantu menurunkan lipoprotein densitas rendah (LDL atau kolesterol jahat) yang menyebabkan plak di pembuluh darah sehingga dapat menghambat aliran darah.

6. Menyehatkan Kulit

Salah satu manfaat buah mangga adalah dapat membantu menyehatkan kulit. Mangga yang mengandung vitamin C sangat penting untuk perbaikan kulit yang sehat. Dikutip dalam NDTV, ahli gizi Makrobiotik dan Praktisi Kesehatan Shilpa Arora ND mengatakan,"Mangga sarat dengan nutrisi yang dapat menyembuhkan kulit misalnya serat dalam mangga dapat membersihkan usus yang kelebihan muatan dengan zat beracun."

7. Mencegah Asam Lambung

Salah satu manfaat dari mangga muda yaitu perannya dalam mengurangi keasaman (acidity). Mangga muda jadi bagian pengobatan alami untuk masalah terkait keasaman. Bila mengalaminya, bisa coba mengunyah sepotong mangga ini.

Manfaat buah mangga untuk ibu hamil.Manfaat buah mangga untuk ibu hamil. Foto: iStock

8. Tinggi Zat Besi

Selain dapat menyehatkan mata, manfaat buah mangga untuk ibu hamil juga bisa mencegah anemia. Meskipun jumlahnya tidak sebanyak hati ayam atau sapi, akan tetapi buah mangga bisa dikonsumsi untuk mencegah anemia.

9. Mencegah Kanker

Pada prinsipnya jika pola makan kita sehat, tentu penyakit akan jauh dari tubuh kita, termasuk kanker. Buah mangga mengandung antioksidan seperti astragalin, asam galic, guercetin, methylgallat dan isoquercitrin dapat membantu menghambat tumbuhnya segala jenis kanker dalam tubuh.

 

Sumber : https://food.detik.com/info-sehat/d-4763757/9-manfaat-buah-mangga-yang-baik-untuk-kesehatan

Komentar atas 9 Manfaat Buah Mangga yang Baik untuk Kesehatan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License