Jambore Kader Kesehatan Puskesmas Imogiri II : GEPREK EMPING

31 Januari 2020 11:01:13 WIB

KarangtengahNews - Rabu(29/1) di GOR Desa Sriharjo diselenggarakan Jambore Kader Kesehatan Puskesmas Imogiri II. Jambore ini mengangkat tema Peran Strategis Kader dalam Gerakan Serempak Eliminasi dan Pencegahan Stunting yang disingkat dengan GEPREK EMPING. Peserta Jambore yaitu seluruh kader dari Desa Karangtengah, Kebonagung, Sriharjo, dan Selopamioro. Dihadiri oleh Camat Imogiri Ibu Sri Kayatun, Ibu Mugiriyatmi perwakilan Kapolsek Imogiri, Ibu Munawaroh perwakilan KUA Imogiri, Lurah Desa, Kasi Pelayanan, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas.

Jambore diisi dengan rangkaian kegiatan yang sangat menarik. Diawali dengan Jalan Sehat menyusuri jalan sekitar Puskesmas Imogiri II, kemudian dilanjutkan dengan gerakan makan buah bersama yaitu buah pisang dan gerakan kurangi penggunaan sampah plastik dengan memberikan kenang-kenangan kepada peserta berupa tumblr/botol minum yang dapat digunakan berulang-ulang. Untuk meningkatkan semangat berkompetisi para kader diadakan Lomba Mars Hidup Sehat dan Mars Germas. Juara 1 diraih oleh Desa Sriharjo, Juara 2 Desa Kebonagung, Juara 3 Desa Karangtengah, dan Juara Harapan 1 Desa Selopamioro.

Puncak acara Jambore yaitu Sarasehan dengan tema Peran Strategis Kader dalam Gerakan Serempak Eliminasi dan Pencegahan Stunting (GEPREK EMPING). Peran strategis kader dalam mengeliminasi dan mencegah stunting dapat berupa pendampingan kader terhadap ibu hamil dan 40 hari setelah melahirkan. Pencegahan stunting dilakukan dengan minum obat penambah darah 1 hari 1 tablet selama 7 hari masa menstruasi, cebok dari arah depan ke belakang, mengganti pembalut/ celana dalam secara berkala, dan melakukan cek kesehatan pra nikah (TORCH, Rubella, Herpes, dll).

Jambore ditutup dengan ikrar dan penandatanganan Komitmen Kader Kesehatan Puskesmas Imogiri II. Peserta berharap dengan adanya jambore ini dapat menambah semangat kader dalam mengabdi pada masyarakat dan kegiatan jambore ini dilaksanakan setiap tahun secara bergilir antar kelurahan.

Komentar atas Jambore Kader Kesehatan Puskesmas Imogiri II : GEPREK EMPING

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License