5 Februari, Mengenang Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi

AHMAD PAMUJI 03 Februari 2020 21:23:02 WIB

Sebagai warga Indonesia tentunya kita tidak boleh melupakan sejarah bangsa kita sendiri. Dengan sejarah Indonesia terbentuk dan dengan sejarah pula Indonesia dapat memperbaiki diri lalu mengambil langkah untuk kemajuan. Salah satu peristiwa sejarah yang mungkin tidak banyak orang tahu adalah peristiwa kapal tujuh provinsi yang diperingati setiap tanggal 5 Februari. Apa itu peristiwa kapal tujuh provinsi?

Pemberontakan ‘Kapal Tujuh Provinsi’ merupakan pemberontakann anti kolonial pertama yang dilakukan oleh prajurit laut Indonesia. Pemberontakan menentang kolonial Belanda terjadi di atas kapal angkatan laut HNLMS (Her Netherlands Majesty’s Ship) yang merupakan Angkatan Laut Kerajaan Belanda. Pemberontakan Kapal Tujuh Provinsi (Zeven Provincien) dipicu oleh kasus pemotongan gaji secara tak adil oleh Hindia Belanda terhadap para pekerja pribumi.

Para pelaut Indonesia kemudian melakukan aksi mogok pada 27 Januari 1933 menolak penurunan gaji yang diputuskan oleh Gubernur Hindia Belanda, Bonifacius Cornelis De Jonge. Kabar ini terdengar hingga ke kapal Tujuh yang sedang berlabuh di Sabang, Aceh, melalui pemberitaan radio.

Tanggal 30 Januari 1933, pemogokan kerja kembali terjadi di Surabaya. Para pemimpin pelaut Kapal Tujuh Provinsi (TP) di Aceh melakukan rapat. Mereka mengancam para ABK untuk tidak meniru kejadian tersebut dengan nada ancaman.

Pemberontakan yang berada di lepas pantai Sumatra ini juga melibatkan bom-bom dari udara menggunakan pesawat milik Belanda. Kejadian Kapal TP tersiar luas, sehingga pers asing ramai mengabarkan kejadian ini. Hingga di Belanda pun, kabar pemberontakan menjadi perbincangan. Perhimpunan Indonesia di Belanda mengeluarkan manifesto yang mendukung pemberontakan tersebut.

Pada 5 Februari, pimpinan pemberontakan mengeluarkan siaran pers dalam tiga bahasa, yaitu Belanda, Inggris, dan Indonesia (Melayu). Memberitahukan bahwa Kapal TP sudah diambil-alih dan sedang bergerak ke Surabaya.  

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pengumuman

SAKSIKANLAH TURNAMEN BOLA VOLY DI LAPANGAN GALOMBO MOJOLEGI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License