Takmir Masjid Al-Hikmah Siap Sejahterakan Jama'ah

04 Februari 2020 09:41:44 WIB

Karangtengah News- Takmir Masjid Al-Himah yang berada di Pedukuhan Kemasan, Desa Karangtengah memiliki tekat menyejahterakan jama'ah. Takmir bukanlah penguasa masjid, melainkan sebagai pelayan bagi jamaah, untuk itu harus mampu memeberikan perhatian lebih. Terutama dalam memberikan pelayanan yang berkaitan langsung dengan upaya kemakmuran masjid. Oleh karena itu takmir beserta pengurus perlu melakukan kegiatan yang strategis.

Keberadaan masjid dan takmir memiliki peranan sangat penting, karena memegang amanah untuk membawa jamaah kearah lebih baik. Selain itu, takmir masjid juga memiliki tanggung jawab yang sangat berat, serta sangat mulia. Selain mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta, juga memiliki peran rela berkorban dan mengelola kegiatan positif untuk kemaslahatan jamaahnya. Pada dasarnya, masjid tidak boleh membebani jamaahnya, melainkan dapat mensejahterakan dan memberdayakan jamaah. Maka sebab itu, yang menjadi titik fokus bukan hanya membangun fisik masjid saja. Melainkan turut serta melakukan pembinaan, dan pemberdayaan umat, serta kemaslahatan jamaah.

Salah satu usaha yang dilakukan Takmir Masjid Al-Hikmah adalah memberdayakan masyarakat di bidang ekonomi. Pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan adalah koperasi masjid. Koperasi masjid ini bernama WABI (Wisata Bina Illahi), yang telah memili anggota hampir 100 orang. Sistem yang dibangun adalah sistem ekonomi syariah. Hasilnya masyarakat yang dahulu terjerat rentenir sudah terbebas dari jeratan lintah darat. Masyarakat yang memiliki permasalahan modal dapat mengajukan pinjaman di koperasi ini.

Perberdayaan ekonomi yang lain adalah bantuan permodalan dan marketing. Fungsi dari bantuan permodalan adalah menambah modal usaha jama'ah. Usaha yang telah dijalankan para jama'ah yang mengalami kendala di bidang pemasayaran juga dibantu. Dengan pemberdayaan ekonomi ini diharapkan jama'ah mampu meningkat perekonomiannya.

Komentar atas Takmir Masjid Al-Hikmah Siap Sejahterakan Jama'ah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pengumuman

SAKSIKANLAH TURNAMEN BOLA VOLY DI LAPANGAN GALOMBO MOJOLEGI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License