Sanggar Seni "Laksita Mas" Berkreasi Melalui Seni

05 Februari 2020 12:38:51 WIB

Karangtengah News- Setiap orang dapat mewujudkan dalam berkreativitas seni, jika memiliki kemauan yang kuat. Salah satu cara yang dilakukan untuk membekali pengetahuan dan membangkitkan jiwa seni yaitu memalui sanggar seni. Sanggar seni adalah suatu tempat atau sarana yang digunakan oleh suatu komunitas atau sekumpulan orang untuk berkegiatan seni. Sanggar seni juga merupakan tempat untuk mengasah kemampuan dalam mewujudkan gagasan kreativitas.

Kemampuan untuk mewujudkan gagasan kreativitas berkarya seni tidak hanya dimiliki oleh orang yang memiliki bakat seni saja. Kegiatan yang ada dalam sebuah sanggar seni berupa kegiatan pembelajaran tentang seni, yang meliputi proses dari pembelajaran, penciptaan hingga produksi dan semua proses hampir sebagian besar dilakukan di dalam sanggar. Salah satu sanggar seni yang ada di Desa Karangtengah yaitu sanggar seni "Laksita Mas".

Sanggar seni ini berada di Pedukuhan Kemasan, Desa Karangtengah, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Sanggar seni ini lahir pada tahun 2007 bertepatan dengan satu tahun terjadinya gempa bumi di wilayah Bantul dan sekitarnnya. Sanggar seni "Laksita Mas" dipimpin oleh Haryanto dan penyusun naskah Mulyono, S.Pd., M.Pd. serta para pemain anak-anak di Pedukuhan Kemasan dan sekitarnya. Pentas pertama mengambil judul "Gempa" yang mengingatkan manusia akan kekuasaan Allah swt.

Banyak anak-anak sejak usia dini sudah memiliki bakat di bidang seni dalam sanggar seni ini. Di bawah bimbingan Mbak Ning anak-anak ini berlatih menari dengan riang gembira. Bahkan mereka juga memiliki ketertarikan di bidang seni tradisional. Bagi yang tertarik berkesenian ayo gabung bersama sangar seni "Laksita Mas'.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Pengumuman

SAKSIKANLAH TURNAMEN BOLA VOLY DI LAPANGAN GALOMBO MOJOLEGI

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License