Pengajian Ahad Pagi PCM Imogiri "Sedekah Sak Lawase"

10 Februari 2020 07:35:05 WIB

Karangtengah News- Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Imogiri, Ahad (9/2) menyelenggarakan pengajian Ahad Pagi yang bertempat di Majid Al-Kasywah. Pengajian yang beralangsung selama 2 jam tersebut (06.00-08.00) mengambil tema "Sedekah Saklawase". Pengajian yang rutin dilaksanakan setiap Ahad Kliwon ini dihadiri ribuan jama'ah dari penjuru Kecamatan Imogiri. Tua dan muda, anak-anak dan dewasa tampak hadir memenuhi halaman Masjid Al-Kasywah.

Pada kegiatan tersebut PCM Imogiri menghadirkan pembicara Ustadz Puji Hartono atau yang dikenal dengan Kang Puji. Kang Puji mengajak seluruh jama'ah untuk selalu berdekah atau sodaqoh setiap hari. Beliau mencontohkan jika setiap orang mau bersedekah Rp1.000/hari, maka dalam 35 hari akan terkumpul Rp35.000. Jika jama;ah yang hadir 1.500 orang maka pengajian yang akan datang akan terkumpul sedekah sebesar Rp52.500.000. 

Sedekah merupakan kata yang sangat familiar di kalangan umat Islam. Sedekah diambil dari kata bahasa Arab yaitu “shadaqah”, berasal dari kata sidq (sidiq) yang berarti “kebenaran”. Sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah SWT. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ayat Al-Qur’an yang menyebutkan tentang sedekah, salah satunya dalam surat Al-Baqarah ayat 271,. “Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Baqarah: 271).

Sedekah memberikan banyak keistimewaan kepada pelakunya, salah satu diantaranya adalah Allah SWT akan memberikan pahala yang banyak untuk orang yang bersedekah. Allah SWT berfiman,

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Itulah beberapa keistimewaan sedekah. Begitu banyak nikmat Allah dalam bersedekah, semoga kita termasuk ke dalam orang orang yang diringankan dalam melakukan ibadah istimewa ini. Aamiin.

Komentar atas Pengajian Ahad Pagi PCM Imogiri "Sedekah Sak Lawase"

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License