Mengenal Tokoh : Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

10 Februari 2020 07:56:44 WIB

Pendiri sekaligus mantan CEO Gojek, Nadiem Makarim, resmi dilantik sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Indonesia Maju Rabu (23/10/2019).

Nadiem diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Istana Kepresidenan Jakarta bersama 37 menteri dan setingkat menteri lainnya.
Pria bernama lengkap Nadiem Anwar Makarim ini lahir di Singapura pada 4 Juli 1984, dari pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadrie.
Menikah dengan Franka Franklin pada 2014, Nadiem Makarim dianugerahi satu orang anak yang diberi nama Solara Franklin Makarim.

Nadiem menempuh pendidikan di Jakarta dan United World College of Southeast Asia (UWC SEA) Singapura, dan bertolak ke Amerika Serikat (AS).
Di AS, dia menempuh kuliah sarjana di jurusan Hubungan Internasional Brown University, dan kemudian mengambil strata S2 di Harvard University.
Selepas lulus dari Harvard, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berusia 35 tahun itu kembali ke Indonesia, dan bekerja sebagai konsultan di McKinsey pada 2006-2009.

Kariernya kemudian menanjak dengan menjabat sebagai Managing Director dan salah satu pendiri Zalora Indonesia periode 2011-2012.
Setelah setahun, dia memutuskan meninggalkan Zalora ketika mengembangkan Gojek yang saat itu dia klaim mempunyai 15 pegawai dan 450 driver.

Kemudian pada 2013-2014, dia bekerja sebagai Chief Innovation Officer Kartuku di sela pengembangan Gojek. Kartuku kemudian diakuisisi untuk memperkuat GoPay.
Kemudian pada 2010, dia mendirikan Gojek, startup decacorn yang saat ini nilainya ditaksir 10 miliar dollar AS, atau Rp140,5 triliun.

Ketika pertama kali didirikan, Gojek awalnya berfungsi sebagai call center, menawarkan layanan kurir dan transportasi roda dua.
Kini, perusaaan Nadiem Makarim tersebut menawarkan lebih dari 20 layanan mulai dari transportasi, antar makanan, pijat, hingga bersih rumah.

Sumber : https://today.line.me/id/pc/article/Profil+Singkat+Nadiem+Makarim+Menteri+Pendidikan+dan+Kebudayaan-3nz17y

Komentar atas Mengenal Tokoh : Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License