Mengetahui Tugas dan Wewenang Lurah Desa

10 Februari 2020 08:00:57 WIB

1. Tugas Lurah
Menjalankan Kegiatan Pemerintahan
Lurah harus menjalankan berbagai kegiatan pemerintahan yang diatur dalam perundang-undangan dan Lurah harus bisa mengikuti berbagai aturan yang diberlakukan. Ada Sangsi yang jelas bagi setiap Lurah yang tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan masa kerja yang pendek membuat Lurah dituntuk untuk bisa bekerja dengan cepat.

Menjalankan Pemberdayaan Masyarakat
Lurah harus menjalankan pemberdayaan masyarakat yang ada di daerah kekuasaannya dan salah satu kerjasama yang bisa dilakukan dengan masyarakat adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat. Peran masyarakat harus dapat menjalankan apa yang diharapkan oleh masyarakat, dengan kata lain Lurah harus bekerja untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakatnya.

Menjalankan Pelayanan Masyarakat
Lurah harus memimpin semua pegawai kelurahan dengan sangat baik dan Lurah juga harus memastikan bahwa pelayanan yang dilakukan kepada masyarakat berjalan dengan benar. Sebaiknya Lurah harus memberikan tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaannya dan jangan sampai ada pelayanan masyarakat yang dilakukan dengan adanya praktek suap.

Menjaga Ketertiban Umum
Tugas Lurah juga harus bisa menjaga ketertiban di daerah kekuasaannya, hal ini perlu dilakukan agar masyarakatnya bisa hidup dengan tenang dan damai. Lurah jangan takut terhadap berbagai ancaman yang dapat mengganggu ketertiban umum, karena lurah juga dapat bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menjalankan ketertiban.

Menjaga Fasilitas Umum
Lurah harus menjaga berbagai fasilitas yang ada disekitar daerah kekuasaannya dan salah satu fasilitas umum yang sering rusak di daerah kelurahan adalah lapangan sepakbola. Lurah berhak memberikan sebuah larangan terhadap siapapun yang melakukan pengrusakan fasilitas umum dan apabila fasilitas umum rusak, maka masyarakat berhak melakukan pengaduan terhadap kinerja Lurah.

Jalankan Tugas Dari Kecamatan
Salah satu tugas yang harus dijalankan seorang Lurah adalah bersinergi dengan pihak kecamatan dan salah satu tugas yang dikerjakan adalah pembuatan kartu keluarga, karena untuk membuat kartu keluarga diperlukan surat pernyataan yang dihasilkan dari kelurahan serta kecamatan. Lurah tidak bisa melalaikan apa yang diperintahkan pihak kecamatan.
--------------------------------------------------------------------------------------------------
2. Kewajiban Lurah
Menyusun Program
Lurah memiliki kewajiban untuk melakukan penyusunan program kerja dan hal ini sangat penting dilakukan agar kerja dari Lurah menjadi lebih efektif. Lurah juga harus menyiapkan kegiatan kerja yang akan dilakukan dan salah satu kegiatan rutin yang biasa dilakukan Lurah adalah menghadiri acara agustusan yang selalu rutin diselenggarakan setiap tahun.

Melakukan Koordinasi
Lurah juga memiliki kewajiban untuk melakukan koordinasi dengan berbagai pihak seperti RW, Kepolisian dan pihak-pihak lainnya. Tak hanya itu kinerja Lurah juga harus bisa menjangkau berbagai kalangan dan salah satu kewajiban Lurah adalah bersinergi dengan Karang Taruna. Semua hak dan kewajiban lurah harus berjalan dengan sebuah singkronisasi yang baik, agar lurah bisa mendapat kepercayaan lebih dari masyarakat.

Bekerja Dengan Kampung
Lurah memiliki kewajiban untuk bekerja sama dengan kampung-kampung yang masuk dalam wilayahnya dan koordinasi ini harus terus dilakukan untuk melakukan pembangunan fasilitas seperti membangun jalan atau memperbaiki jalan yang sudah ada. Salah satu hak pemerintah pusat adalah menjamin kinerja lurah agar dapat bekerjasama dengan masyarakat.

Melakukan Pemberdayaan Masyarakat
Tugas dari lurah adalah melakukan pemberdayaan kepada masyarakatnya dan salah satu wewenang pemerintah pusat yang harus dijalankan lurah adalah memerankan masyarakat dalam berbagai kegiatan yang dibutuhkan. Contoh kegiatan yang memerlukan peran masyarakat adalah pembersihan jalan umum dan pembuatan berbagai fasilitas umum.

Pembinaan Posyandu
Posyandu adalah salah satu rogram pemerintah pusat yang harus dijalankan lurah dan peran lurah untuk keberlangsungan posyandu adalah memberikan pengawasan serta pembinaan yang baik. Salah satu hubungan pemerintah pusat dan daerah adalah menjalankan program posyandu dengan baik dan benar.

Pembinaan Kesejahteraan Sosial
Lurah memiliki kewajiban untuk melakukan pembinaan dan pendataan terhadap masyarakat yang kurang mampu. Lurah juga wajib memberikan perhatian lebih terhadap masyarakatnya yang berada di bawah garis kemiskinan. Lurah perannya memang tak berbeda jauh dengan kepala desa, karena cakupan wilayahnya hampir sama. Namun ada titik perbedaan camat dan kepala desa dari segi tugas serta kewajibannya.

Jalankan Penatausahaan
Lurah memiliki kewajiban untuk menjalankan tata kelola usaha yang dijalankan kelurahan dan lurah wajib memberikan pengawasan yang ketat terhadap para pegawai yang mengelola tata usaha kelurahan. Keuntungan dari TU kelurahan bisa digunakan untuk menjalankan berbagai aktivitas kelurahan dan bisa digunakan untuk biaya menjamu para tamu kelurahan.

Demikian ulasan lengkap mengenai Tugas dan Wewenang Lurah yang harus dijalankan dengan baik.

Sumber : https://guruppkn.com/tugas-dan-wewenang-lurah

Komentar atas Mengetahui Tugas dan Wewenang Lurah Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License