Semangat Gotong Royong Kokohkan Kemasan Bersatu

12 Februari 2020 12:28:16 WIB

Karangtengah News-Gotong royong bukanlah pameo asing di negeri ini, sudah sejak dulu para leluhur kita menjadikannya sebagai budaya bangsa. Wujudnya bisa dalam bentuk kerja bakti membangun sarana umum, membersihkan lingkungan, tolong menolong saat pesta pernikahan atau upacara adat, dan bahkan tolong menolong saat terjadi bencana alam. Biasanya bentuk pertolongan yang diberikan berupa bahan makanan, uang, dan tenaga. Namun, derasnya arus globalisasi menjadikan aktualisasi dari pameo tersebut terseret jauh dari kehidupan masyarakat saat ini, gotong royong menjadi asing untuk disaksikan keberadaannya saat ini.

Sejak zaman Rasullah sudah ada karena pada dasarnya,. Gotong Royong adalah satu buah aktivitas sosial yang jadi ciri khas bangsa Indonesia dari zaman dahulu kala sampai waktu ini. layaknya yang tertuang dalam pancasila adalah sila ke- 3 “Persatuan Indonesia”. Tabiat gotong royong yang sudah dipunyai Bangsa Indonesia sejak dulu . Gotong royong ialah keperibadian bangsa dan  ialah budaya yang sudah berakar kuat dalam kehidupan penduduk. Gotong royong tumbuh dari kita sendiri atau prilaku dari penduduk.

Namun di Pedukuhan Kemasan, Karangtengah masih dapat dijumpai pemandangan gotong royong ini. Semangat kebersamaan menjadi dasar untuk melestarikan kegotongroyongan di desa. Semangat yang dilandasi untuk saling membantu, meringankan, dan menguatkan menjadi pendorong gotong royong dilestarikan kepada generasi muda.

 

Komentar atas Semangat Gotong Royong Kokohkan Kemasan Bersatu

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License