Bonsai Kelapa, Indah dan Menawan

18 Februari 2020 07:43:54 WIB

Karangtengah News-Bonsai merupakan sebuah teknik untuk mengerdilkan tanaman. Teknik asal Jepang ini pada dasarnya menggunakan pot kecil yang dangkal. Tanaman yang bisa dijadikan bonsai pun sangat beragam, seperti pohon sakura, pohon beringin, dan bahkan pohon kelapa. Hal ini membuat ada banyak sekali varian bonsai yang bisa  dipelihara di rumah. Bonsai kelapa ini sangat cocok untuk ditanam pada lahan sempit. Ukurannya yang kecil membuatnya cocok diletakkan di dalam hunian. Untuk membuatnya pun tidak sulit, hanya saja ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membuatnya.

Sebelum membuat bonsai kelapa, harus tahu jenis pohon kelapa apa saja yang cocok untuk dijadikan tanaman bonsai. Pohon kelapa yang paling umum dijadikan bonsai adalah kelapa gading merah, kelapa gading susu, dan kelapa albino. Sesuai dengan namanya, kelapa gading merah memiliki warna yang merah kekuningan. Bonsai kelapa yang satu ini perlu diberi pupuk secara rutin untuk mempertahankan warna merahnya.

Kelapa gading susu memiliki warna yang keputihan. Selain cocok untuk bonsai kelapa, jenis pohon kelapa ini juga bisa digunakan untuk menggantikan pohon palem di taman rumah. Sedangkan, kelapa albino memiliki warna yang lebih putih lagi dari kelapa gading susu. Ketika dijadikan bonsai, tampilannya akan jadi sangat unik dan menarik.

Sama seperti memilih bibit tanaman lain, untuk membuat bonsai kelapa tentunya harus dipilih bibit terbaik. Kriterianya adalah buah kelapa yang sudah tua. Buah kelapa ini harus dipetik langsung dari pohonnya, bukan buah kelapa yang sudah jatuh dari pohon. Pasalnya batok kelapa akan mudah rapuh. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah buah kelapa yang batoknya kecil namun memiliki banyak akar.

Tunas kelapa akan muncul sekitar dua sampai tiga minggu. Perlu diketahui bahwa posisi bibit bisa mempengaruhi bentuk bonsai kelapa saat tumbuh. Bibit yang diletakkan secara vertikal, batoknya akan dikelilingi akar. Sedangkan, bibit yang diletakkan secara horizontal akan tumbuh dengan bentuk seperti keong.

Bentuk bonsai kelapa yang unik tidak muncul begitu saja. Dibutuhkan usaha dan ketelatenan dari sang pemilik. Ada beberapa teknik untuk membentuk bonsai kelapa. Salah satunya adalah melakukan ikatan dengan kawat Ikatan kawat atau tali akan mengarahkan pertumbuhan  dari bonsai kelapa. Biasanya ujung batang dikaitkan ke pangkal batang. 

 

Disadur dari https://www.dekoruma.com/artikel/93796/membuat-bonsai-kelapa, Selasa 18 Februari 2020, pukul 08.35

Komentar atas Bonsai Kelapa, Indah dan Menawan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License