Mengenal Perbedaan Program S1 dan D4

19 Februari 2020 15:28:55 WIB

Sama-sama kuliah selama empat tahun dan mendapat gelar sarjana, ternyata ada perbedaan kemampuan jika mengambil jurusan atau program studi ( prodi) dengan jenjang sarjana (S1) dengan sarjana terapan (D4). Perguruan tinggi kedinasan umumnya menggunakan jenjang sarjana terapan daripada sarjana. Misalnya, Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN menyelenggarakan D-IV Akuntansi dan bukan S1 seperti di perguruan tinggi negeri (PTN).
Dalam UU No 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dijelaskan dalam pasal 18 bahwa S1 atau program sarjana merupakan pendidikan akademik yang diperuntukkan bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat sehingga mampu mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penalaran ilmiah. Sedangkan dalam pasal 21 dituliskan, D4 atau sarjana terapan termasuk dalam program diploma atau pendidikan vokasi yang bertujuan mengembangkan keterampilan dan penalaran dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dapat disimpulkan bahwa program sarjana S1 menitikberatkan pada teori sedangkan program diploma D4 fokus untuk menyiapkan mahasiswa menjadi praktisi memasuki dunia kerja sesuai dengan bidang keahliannya.
Merangkum dari Rencanamu.id perbandingan komposisi teori dan praktik antara S1 dengan D4, S1 menitikberatkan pada teori daripada praktik dengan komposisi 60 persen teori dan 40 persen praktik. Sebaliknya, D4 justru memiliki komposisi praktik sebesar 60 persen dan teori sebesar 40 persen.
Selain pada perbandingan komposisi, nama jurusan juga kerap berbeda walau keseluruhan meteri yang berikan sama. Misalnya, untuk jenjang S1 Teknik Sipil, di D4 menjadi Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil. Untuk S1 Akuntansi, di D4 menjadi Akuntansi Sektor Sipil. Tetapi ada juga yang memiliki nama jurusan sama, misalnya D4 Kebidanan Universitas Padjadjaran dan S1 Kebidanan di Universitas Airlangga. Perbedaannya terletak pada penekanan studi S1 Kebidanan fokus pada keilmuannya sementara D4 Kebidanan pada praktiknya. Baik lulusan S1 maupun D4 sama-sama bisa menjalani profesi dan bisa pula meneruskan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi hingga mendapatkan gelar magister terapan atau doktor terapan.
Perbedaan lain antara D4 dan S1 adalah gelar lulusannya. Lulusan S1 umumnya bergelar sarjana diikuti sesuai prodi atau jurusan yang diambil. Misalnya S.Keb ( Sarjana Kebidanan) atau ST (Sarjana Teknik), atau Sarjana Seni. Sementara gelar lulusan D4 adalah Sarjana Sains Terapan (S Tr.) diikuti prodi atau bidang studi yang diambil, contohnya S Tr.T (Sarjana Terapan Teknik) atau S Tr. Keb (Sarjana Terapan Kebidanan).

 

Sumber: https://edukasi.kompas.com/

Komentar atas Mengenal Perbedaan Program S1 dan D4

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License