Awal Musim Hujan, Waspadi Pohon Tumbang

20 Februari 2020 10:01:31 WIB

Karangtengah News-Faktor cuaca menjadi salah satu penyebab mudah rapuhnya pohon Akibatnya, ratusan pohon rentan tumbang.  Memasuki musim hujan pada Februari 2020 ini, dikejutkan dengan beberapa pohon tumbang, bahkan menelan korban jiwa. Pohon tumbang terjadi di sejumlah ruas-ruas jalan yang banyak dilewati kendaraan, sehingga sangat membahayakan pengguna jalan.

Selain faktor cuaca, kondisi bagian dalam pohon juga perlu diperhatikan. Beberapa jenis pohon mengalami pelapukan ketika mencapai usia puluhan tahun. Jika tidak diperiksa dengan benar, tidak akan tahu bahwa satu pohon mengalami pelapukan di bagian dalam.
Pelapukan juga bisa disebabkan masyarakat yang menempelkan paku sembarangan ke badan pohon. Karat paku dapat menyebabkan pohon mengalami infeksi sehingga mudah keropos.

Selain infeksi, penyebab pohon tumbang yaitu kondisi akar yang tidak kuat mencengkeram tanah. Sehingga ketika terkena terpaan angin pohon tumbang, apalagi kondisi tanah yang masih gembur. 

Komentar atas Awal Musim Hujan, Waspadi Pohon Tumbang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License