Pengajian Malam Jum'at Pahing Masjid Al-Hikmah Kemasan, Ajak Jama'ah Siapkan Bekal Tiga Hal

21 Februari 2020 07:54:05 WIB

Karangtengah News-Takmir Masjid Al-Hikmah, Kemasan, Karangtengah, Imogiri, Bantul menyelenggarakan pengajian rutim malam Jum'at Pahing, (20/2). Pada kesempatan tersebut dihadiri oleh ratusan jama'ah. Ustad Nur Kholis, M.Ag. selaku pembicara menyampaikan sebuah kisah tentang keteladanan sahabat Nabi yaitu Abu Dzar saat akan dilantik menjadi gubernur. Walaupun hujan turun dengan lebat disertai petir namun para jama'ah tetap antusias dalam mengikuti pengajian.

Kisah teladan yang disampaikan Ustad Nur Kholis, M.Ag. dari sahabat Nabi Abu Dzar ketika akan dilantik menjadi gubernur yaitu mengenai tiga hal dalam memimpin. Rasulullah saw. menyampaikan tiga hal ketiga Abu Dzar akan dilantik menjadi gubernur yaitu:

  1. Siapkan perahumu karena lautan itu dalam
  2. Siapkan bekalmu karena perjalanan masih jauh
  3. Tinggalkan bebanmu karena jalan menanjak 

Dari pesan Rasulullah saw. tersebut dimaknai pertama, menyiapkan perahu karena lautan itu dalam. Pesan ini memiliki arti yaitu perahu diartikan sebagai kendaraan yaitu agama Islam, agar selamat dalam mengarungi kehidupan menuju kehidupan kekal yaitu akhirat harus menjalankan ajaran agama secara kafah. Menjalankan ajaran agama secara menyeluruh, tidak boleh pilih-pilih sesuai selera. Kedua, menyiapkan bekal karena perjalanan masih jauh, artinya bekal untuk menuju akhirat adalah ibadah, maka menjalankan ibadah secara sungguh-sungguh sesuai dengan tuntunan Rasulullah adalah wajib. Di dunia ini ada empat aspek tatanan kehidupan yaitu aqidah, ibadah, akhlak, dan mu'amalah. Ketiga, tinggalkan bebanmu karena jalan menanjak, yang dimaksud beban adalah urusan dunia. Terkadang urusan dunia menjadi penggoda untuk menjalankan ibadah. Maka orang muslim harus mampu meninggalkan urusan dunia untuk akhirat.

 

Komentar atas Pengajian Malam Jum'at Pahing Masjid Al-Hikmah Kemasan, Ajak Jama'ah Siapkan Bekal Tiga Hal

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License