Pengajian Malam Sabtu Pon PRM Karangtengah "Sholat Khusuk"

24 Februari 2020 07:46:20 WIB

Karangtengah News- Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Karangtengah mengadakan pengajian rutin malam Sabtu Pon, (21/2) bertempat di Masjid Baiturrahman Pucunggrowong Karangtengah. Pengajian yang mengambil tema Sholat Khusuk ini menghadirkan pembicara Ustadz Fahrudin, S.Ag. dari Bantul. Selaku Ketua PRM, Eko Budi Siswanto mengatakan "Pengajian rutin malam Sabtu Pon merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh PRM Karangtengah setiap 35 hari sekali. Pengajian ini bertujuan untuk membina umat dalam menjalankan agama secara kafah atau menyeluruh".

Pada kesempatan tersebut Ustadz Fahrudin, S.Ag. menyampaikan materi dengan mengkaji Al-Qur'an, Surat Al-Baqarah ayat 45-46. Dalam Surat Al Baqarah ayat 45-46,  Allah swt berfirman وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ ﴿٤٥﴾“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’,”(QS Al-Baqarah [2]: 45) Melalui ayat ini Allah mengabarkan bahwa sholat itu berat. Hal ini dikarenakan pada dasarnya hawa nafsu manusia tidak suka pada ketaatan. Namun di ayat ini Allah juga menyebutkan cara agar sholat terasa ringan. Yaitu dengan khusuk.

Bagaimana meningkatkan kehusu’an? Allah menjawab di ayat selanjutnya.

الَّذِينَ يَظُنُّونَ أَنَّهُم مُّلَاقُو رَبِّهِمْ وَأَنَّهُمْ إِلَيْهِ رَاجِعُونَ ﴿٤٦﴾

“(yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.”(QS Al-Baqarah [2]: 46)
Dalam ayat ini Allah menyebutkan jika seorang hamba ingin khusu’, dibutuhkan keyakin dan rasa takut kepada Allah. Pembenaran yang jujur dari hati kepada Allah dan kehidupan Akhirat.

Komentar atas Pengajian Malam Sabtu Pon PRM Karangtengah "Sholat Khusuk"

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License