Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, PKK Pedukuhan Kemasan Giatkan Gerakan Bersih Lingkungan

24 Februari 2020 08:04:02 WIB

Karangtengah News- Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. PKK dusun Kemasan adalah salah satu PKK yang aktif dengan berbagai kegiatan di desa Karangtengah. Seluruh Ibu ibu Kemasan ini rutin mengadakan pertemuan setiap Ahad Wage. Pertemuan ini bertempat di RT 1 - 6 secara bergilir.

Pertemuan PKK Kemasan pada 23 Februari  mengusung tema Kelestarian Lingkungan Hidup (KLD). KLD merupakan salah satu dari 10 program pokok PKK. Hal ini sesuai dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari. Siti Nur Rohmah, selaku pemateri dari RT 2, menyampaikan pentingnya menjaga lingkungan agar tetap bersih.  Terkait peringatan HPSN 2020, Nur menegaskan pentingnya Gerakan Bersih Lingkungan (GBL)  bagi semua warga PKK. Jika setiap warga menjaga kebersihan rumah dan  lingkungan sekitar, otomatis dusun Kemasan akan bersih, nyaman, dan asri.

Di akhir pemaparan materi, Nur menayangkan berbagai contoh sampah dan dampaknya bagi lingkungan. Salah satunya sampah sterofom. Ternyata sampah ini tidak bisa terurai. Sementara kulit buah membutuhkan waktu enam bulan agar terurai. Kantong plastik memerlukan waktu lima belas tahun. Bahkan ada sampah yang memerlukan waktu lebih lama dari umur manusia, yakni kaleng. "Oleh karena itu mari kita jaga kebersihan lingkungan, mulai sekarang dan mulsi dari diri kita. Ingat, sampah butuh waktu untuk terurai," tandas Nur.

Komentar atas Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, PKK Pedukuhan Kemasan Giatkan Gerakan Bersih Lingkungan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License