Peternakan Burung Perkutut GO-TUT Bird Farm

25 Februari 2020 14:43:22 WIB

KarangtengahNews- Ternak perkutut merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Burung perkutut merupakan jenis burung yang memiliki suara yang indah. Suara perkutut sangat khas diantara burung kicau lainnya.

Sebagai burung sangkar, perkutut merupakan burung peliharaan yang sangat populerbagi penduduk di Pulau Jawa. Umumnya burung ini dipelihara secara soliter(sendirian) dalam sebuah sangkar berbentuk silinder.

Peternakan Burung Perkutut “GO-TUT Bird Farm” merupakan peternakan burung perkutut yang dimiliki salah seorang warga Dusun Pucunggrowong RT.06, Karangtengah, Imogiri, Bantul. Beliau adalah Bapak Sobirin, Bapak dua orang anak ini merupakan satu-satunya peternak burung perkutut Kelas Lomba di Desa Karangtengah.

Mengulas sedikit sejarah mengenai dipilihnya Burung Perkutut oleh bapak Sobirin sebagai burung untuk dibudidayakan. Berawal dari beternak burung Ocehan hingga akhirnya menentukan pilihan pada burung perkutut. Hingga saat ini bapak sobirin memiliki 26 indukan produk dengan jenis Indukan Perkutut Bangkok dan Perkutut Putih.

“Awalnya saya saya juga pernah belajar membudidaya beberapa jenis burung, mulai burung Kenari, Love Birds, hingga Murai Batu. Tapi yang namanya burung ocehan kan harganya naik turun mas, ditambah lagi beberapa jenis burung ocehan yang saya budidaya dulu merupakan burung ocehan yang memiliki tingkat polusi udara yang mengganggu kenyamanan keluarga saya dan memerlukan perawatan yang agak rumit. Dibanding burung yang pernah saya budidaya sebelumnya burung perkutut selain mudah dalam perawatan, tingkat polusi udara yang dihasilkan cukup rendah ” tuturnya.

“Keunikannya lagi setiap burung perkutut memiliki karakter yang berbeda. Masing-masing burung memiliki suara yang berbeda-beda. Selama ini belum pernah nemuin yang suaranya sama, kalo mirip sering, tapi kalau sama saya rasa gak pernah. Jadi harganya pun tidak bisa dipatok,” terangnya.

Hal ini lah yang menjadikan nilai jual burung perkutut cukup stabil dan bervariasi. Mulai kisaran ratusan hingga jutaan rupiah.

Bapak Sobirin sendiri mengaku kuwalahan memenuhi permintaan pasaran saat ini, mengingat sudah banyak pelanggan setia yang merasa cocok dan percaya akan kualitas burung yang Ia jual. Untuk sistem pemasaran Ia menggunakan media social Facebook, Blog, dan Olx.

“Tapi sudah beberapa Bulan saya tidak update dagangan di Facebook dan Olx mas, soalnya saya sudah punya  pelanggan yang udah datang sendiri terus pesen jauh-jauh hari sebelum burungnya menetas, ya bisa dikatakan hampir semua telur dan anakan yang ada dikandang itu udah pesenan semua mas. Rencana memperbanyak populasi indukan sih ada mas tapi tanah saya terbatas untuk bangun kandang lagi mas” imbuhnya.

 

GO-TUT Bird Farm

Alamat: Pucunggrowong RT.06, Karangtengah, Imogiri, Bantul (55782)

Telp. 0831 9768 5007

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar atas Peternakan Burung Perkutut GO-TUT Bird Farm

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License