Pergantian Prajurit Pura Pakualaman

26 Februari 2020 22:17:39 WIB

KarangtengahInfo - Hallo warga Karangtengah, Puro Pakualaman kembali menggelar “Atraksi Wisata Budaya dan Pergantian Prajurit Puro Pakualaman”. Acara ini rutin dilaksanakan setiap 35 hari (menurut kalender Jawa) sekali, yaitu setiap Sabtu Kliwon. Puro Pakualaman memang masih menjaga tradisi upacara pergantian prajurit mereka.

Acara akan dilaksanakan pada Sabtu Kliwon, 29 Februari 2020 Pukul 13.00 – 17.30 WIB, bertempat di Alun-alun Sewandanan Puro Pakualaman Yogyakarta

 

Di Puro Pakualaman sendiri ada dua prajurit yang berjaga yakni Prajurit Bregada Lombok Abang dan Prajurit Plangkir yang berganti jaga setiap 35 hari sekali. Prosesi upacara ini ditandai dengan bersiapnya kedua regu prajurit di halaman Puro Pakualaman yang nantinya mengganti Dwaja (bendera kesatuan) dari prajurit jaga sebelumnya.

 

Acara ini juga dimeriahkan untuk mempertunjukkan atraksi prajurit di Pura Pakualaman, serta lebih memberdayakan berbagai macam kesenian tradisional yang ada di DIY sebagai aset budaya yang harus dipertahankan.

 

Tentu saja ini merupakan salah satu upaya dalam melestarikan, mengembangkan dan memanfaatkan kesenian tradisional serta budaya agar tidak tenggelam di era milenial seperti sekarang ini. Diharapkan pula dengan diselenggarakannya acara ini mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

 

 

Sumber Agenda: visitingjogja

Komentar atas Pergantian Prajurit Pura Pakualaman

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License