Yuk! Belajar Menjadi Pembawa Acara di Sanggar Seni Laksita Mas

27 Februari 2020 09:18:39 WIB

Karangtengah news- Profesi sebagai pembawa acara sering kali dikesampingkan. Hal ini dikarenakan pembawa acara bukan merupakan profesi tetap yang setiap bulan mendapatkan gaji. Namun, profesi pembawa acara dapat menjadikan tambahan pemghasilan yang menggiurkan. Diberbagai acara seperti pernikahan, seminar, atau acara-acara lain pasti memerlukan pembawa acara. Pembawa acara seiring dikenal sebagai master of ceremony atau disingkat MC. Nah, namanya saja sudah “master” artinya dialah yang memimpin suatu acara dan mengatur jalannya acara, mulai dari membuka dan menutup acara.

Secara lebih spesifik, seorang pembawa acara biasanya menjelaskan apa saja yang akan dilakukan selama acara, memberikan komentar atau informasi tambahan, memperkenalkan berbagai pihak yang terlibat, dan masih banyak lagi. Kadang-kadang, seorang pembawa juga diminta untuk mewawancarai seorang narasumber. 

Siapa pun bisa jadi pembawa acara apabila ia memiliki keberanian dan kemampuan bicara di depan umum yang baik. Jangan khawatir, kedua hal ini bisa dilatih jika kita bersungguh-sungguh. Seorang pembawa acara tidak hanya bertugas membawakan sebuah acara. Tapi juga mulai dari menyusun acara, mengecek kesiapan acara, mengetes sound system, mengecek kehadiran, mengendalikan waktu, menyimak jalannya acara dan menguasai suasana acara serta mengatur hadirin.

Namun secara umum ada 3 tugas penting pembawa acara/MC;

1)      Mengumumkan acara yang berlangsung

2)      Menarik perhatian hadirin untuk mengikuti acara melalui pakaian, dandanan, gerakan, suara, bahasa dan etika serta penampilan.

3)      Mengatasi segala hambatan yang terjadi selama acara berlangsung.

4)      Berkoordinasi dengan Panitia/Protokoler dan Penghubung Acara.

Jadi jika tertarik untuk menjadi pembawa acara yang baik, mari bergabung dengan sanggar seni Laksita Mas.

Komentar atas Yuk! Belajar Menjadi Pembawa Acara di Sanggar Seni Laksita Mas

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License