Paguyuban Muda-Mudi Kemasan (PMMK) Perkuat Persatuan dengan Gowes Bareng

02 Maret 2020 08:36:31 WIB

Karangtengah News-Paguyuban Muda-Mudi Kemasan (PMMK) mengadakan kegiatan gowes (bersepeda) bersama untuk memperkuat rasa persatuan di antara mereka. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu (1/3) dengan rute obyek wisata Kedungmiri, Sriharjo dan Bendung Tegal, Kebon Agung Imogiri. Kegiatan yang diikuti puluhan anggota PMMK ini mengambil rute dari Masjid Al-Hikmah Kemasan menuju Kedungmiri dilanjutkan ke obyek wisata Bedung Tegal dan diakhiri makan bersama.

Ketika perjalanan menuju ke Kedungmiri para pemuda-pemudi Kemasan ini dimanjakan pemandangan alam yang masih asri. Sejauh mata memandang terdapat hamparan persawahan hijau. Deretan perbukitan di sekitarnya semakin menambah syahdu suasana. Atmosfer ketenangan cocok untuk mencari inspirasi sembari meresapi energi alam. Apalagi letaknya cukup strategis, karena dekat dengan kompleks makam Raja-raja Imogiri yang terkenal itu. Ibarat peribahasa, sekali dayung satu dua pulau terlampau.

Suasana begitu akrab, dengan nuansa kesahajaan kegiatan ini mampu memperkuat persatuan di antara anggota PMMK.

Selain untuk memperkuat persatuan kegiatan PMMK ini tentu bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh melalui bersepeda. Manfaat bersepeda antara lain:

1. Bersepeda baik untuk jantung. Olahraga bersepeda erat hubungannya dengan peningkatan kebugaran kardiovaskular atau kesehatan pembuluh darah dan jantung, serta penurunan risiko penyakit jangtung koroner.

2. Bersepeda baik untuk otot-otot. Mengendarai sepeda sangat baik untuk mengencangkan dan membangun otot terutama di bagian bawah tubuh seperti betis, paha, dan bagian belakang.

3. Menjaga ukuran pinggang tetap ideal. Anda dapat membakar banyak kalori saat bersepeda, terutama ketika harus menggowes lebih cepat daripada biasanya. Bersepeda tidak hanya efektif dalam membantu menurunkan berat badan, tetapi juga meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Perpanjang umur. Bersepeda adalah cara yang terbaik untuk meningkatkan umur. Sejumlah riset menunjukkan bahwa melakukan aktivitas bersepeda secara rutin telah dikaitkan dengan penambahan usia, bahkan ketika harus disesuaikan dengan risiko cedera saat mengendarai sepeda.

5. Bersepeda baik untuk koordinasi. Aktif menggerakan kedua kaki untuk mengayuh, sementara kedua tangan mengendalikan kemudi merupakan praktik yang baik untuk melatih keterampilan koordinasi tubuh.

6. Baik untuk kesehatan mental. Bersepeda telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mental.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bersepeda dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sekaligus menjadi alat proteksi terhadap jenis penyakit kanker tertentu.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License