Dua Sisi Mata Uang Telur Asin

03 Maret 2020 07:40:47 WIB

Tips-Terlihat pemandangan yang menarik di jalan utama Desa Karangtengah, Selasa (3/3). Pemandangan itu adalah berderet dan berjejalnya penjual dan pembeli makanan di Pasar Pagi Desa Karangtengah. Pasar Pagi ini terletak di pinggir jalan, aneka makanan yang dijual antara lain lauk pauk, nasi, sayur matang, kue, roti, dan telur asin. Telur asin merupakan makanan favorit bagi sebagaian orang. Rasanya yang gurih cocok untuk pendamping nasi. Telur asin yang dibuat melalui proses fermentasi dan pengasinan ternyata memiliki dua sisi yang harus diperhatikan bagi penggemarnya. Dua sisi itu adalah sisi manfaat dan bahayanya.

Ragam Manfaat Telur Asin

Kelebihan telur asin adalah lebih kaya kalsium, zat besi, dan garam inorganik lainnya. Oleh sebab itu tak heran bila ada ayang memanfaatkan telur asin sebagai suplemen kalsium dan zat besi.

Berkat kandungan kalsium yang tinggi, maka manfaat telur asin diantaranya:

  • Membentuk dan mempertahankan kepadatan serta kekuatan tulang dan gigi. Selain baik untuk mencegah osteoporosis, kalsium juga dapat mempercepat proses pembekuan darah.
  • Kalsium juga bersifat penunda lapar sehingga baik untuk mereka yang ingin diet secara sehat dan alami. Selain itu, kalsium bisa membantu menstabilkan tekanan darah seseorang karena membantu mengontrol pergerakan otot jantung dan lainnya.
  • Bagi ibu hamil dan wanita yang sedang datang bulan, konsumsi kalsium juga bisa meminimalisir kram perut karena asupan fosfor dan potasium yang dibutuhkan tubuh terpenuhi. Dan yang tak kalah pentingnya adalah kalsium juga dapat mencegah batu ginjal selama jenis kalsium yang digunakan tidak mengandung banyak air.

Selain kalsiumnya, telur asin juga unggul soal zat besinya. Manfaat telur asin yang dapat diperoleh dari kandungan zat besi ini tergolong penting, karena zat besi diperlukan tubuh karena dapat membantu pembentukan hemoglobin, mencegah anemia, menguatkan otot dan fungsi otak. Selain itu, zat besi juga penting untuk menjaga kestabilan suhu badan, mendongkrak metabolisme energi dan kinerja sistem enzim.

Adakah bahaya telur asin?

Akan tetapi meski baik dari segi kalsium maupun zat besinya, konsumsi telur asin yang berlebihan juga bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Dikutip dari Dr Kalpana Bhaskaran, selaku manajer Nutrition Research and Head of Glycemic Index Research Unit di Temasek Polytechnic’s School of Applied Science berpendapat, “konsumsi sebutir telur asin bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, melebihi jumlah yang direkomendasikan setiap harinya yaitu 300 mg.” Apalagi dalam sebutir telur asin bisa terkandung 300-600 mg kolesterol, tergantung dari proses pembuatannya.

Selain kolesterol, jumlah sodium yang disuguhkan telur asin juga cukup besar. Jadi bila ingin mengonsumsi telur asin, ada baiknya Anda membatasi jumlah garam pada makanan lainnya. Karena batasan sodium yang disarankan setiap harinya maksimal 2000 mg atau 1 sdt (5 ml) saja, maka sebutir telur asin diperkirakan sudah memenuhi 30% dari jumlah yang dibutuhkan tubuh dalam sehari.

Bahaya telur asin diperantarai oleh kandungan kolesterol dan sodium (garam natirum) yang tinggi. Oleh karena telur asin kerap dijadikan bumbu pada masakan, maka besar kemungkinan ada lebih dari 1 butir telur asin yang dipergunakan dalam 1 porsi makanannya. Oleh sebab itu, konsumsi kolesterol dan sodium beresiko meningkat tajam melalui telur asin.

Bila asupan sodium terlalu banyak, maka hal ini tak hanya beresiko meningkatkan tekanan darah, namun juga gangguan medis lainnya seperti penyakit lambung, kanker, ginjal, asma, serta osteoporosis. Oleh karena itu, telur asin sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah terbatas pada sekali waktu, apalagi kalau Anda mengidap penyakit tertentu yang berkaitan dengan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Demikianlah beberapa informasi terkait bahaya dan manfaat telur asin yang bisa dibagikan. Semoga bermanfaat.

 

Disarikan dari: https://www.honestdocs.id/bahaya-dan-manfaat-telur-asin-yang-harus-diperhatikan, Selasa, 3 Maret 2020, pukul 07.40 WIB

Komentar atas Dua Sisi Mata Uang Telur Asin

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License