Warga Pedukuhan Kemasan Gotong Royong Bahu Membahu Atasi Pohon Tumbang

10 Maret 2020 07:29:26 WIB

Karangtengah News-Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Senin Malam (9/3) mengakibat beberapa pohon tumbang di Pedukuhan Kemasan. Hujan lebat yang telah melanda sejak pagi ini mengakibatkan beberapa wilayah juga tergenang air. Sungai Celeng yang mengalir di wilayah Desa Karangtengah pun mulai mencapai debit maksimal. Pada sore hari angin mulai bertiup dengan kencang, hingga petang hari beberapa pohon tumbang.

Menurut salah satu saksi, Sartono mengatakan "Pohon mandingan yang ada di pojok lapangan voli, tepatnya di RT 05 roboh dan menimpa gapura masuk RT 05 dan RT 06 Kemasan, akibat dari tumbangnya pohon tersebut mengganggu arus lalu lintas jalan utama".

Melihat beberapa pohon tumbang warga Pedukuhan Kemasan berinisiatif untuk memotong dahan dan juga pohon yang melintang di jalan, sehingga tidak sampai satu jam arus lalu lintas berjalan normal kembali.

Berdasarkan pemantauan di lapangan dapat dilaporkan bahwa selain pohon mandingan yang ada di pojok lapangan voli, beberapa pohon juga tumbang antara lain: pohon jati di RT 03 dan RT 01. Tidak ada kerugian yang berarti di wilayah ini. Kebersamaan warga begitu terasa saat keadaan gelap karena listrik mati warga tetap giat bergotong-royong membersihkan ranting, dahan, dan pohon yang tumbang.

Semangat gotong royong ini harus terus dibina dan dilestarikan. Dengan semangat gotong royong pekerjaan berat menjadi ringan.

Tak lama setelah pembersihan ranting, dahan, dan pohon yang tumbang, listrik pun kembali menyala sekitar pukul 21.00 WIB, aktivitas warga berjalan normal. Namun demikian komunikasi intensif warga juga terus dilakukan mengingat debit air Sungai Celeng masih tinggi.

Komentar atas Warga Pedukuhan Kemasan Gotong Royong Bahu Membahu Atasi Pohon Tumbang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License