Jaga Kebugaran Badan dengan Minum Jamu Tradisional

10 Maret 2020 07:48:05 WIB

Karangtengah News-Memasuki musim penghujan dengan cuaca yang tidak menentu membuat ketahanan badan menurun, akibatnya badan mudah capek dan mudah terserang berbagai gangguan seperti sakit, Selasa (10/3). Semua orang tidak ingin sakit, semua orang ingin sehat. Untuk menjaga kesehatan tubuh menghadapi perubahan cuaca dan terpaan hujan sebaiknya mensuplai kebutuhan tubuh dengan minuman suplemen. Salah satu minuman suplemen yang sudah ada sejak nenek moyang adalah jamu.

Mbak Ratmi, begitu kata orang-orang memanggil tukang jamu keliling itu. Dengan menggunakan bronjong khas penjual jamu ia berkeliling Desa Kemasan menjajakan jamu dagangannya. Tidak sampai 3 jam dagangannya habis terjual. Biasanya Mbak Ratmi keliling menjajakan jamu sejak siang hari sampai sore hari. Para pelanggan pun telah banyak, mulai dari anak-anak, orang dewasa, sampai lansia pun ada.

Saryadi salah pelanggan mengatakan "Jamu adalah minuman tradisional yang cocok untuk menjaga stamina tubuh, cocok diminum bagi siapa saja. Dengan minum jamu kerja menjadi lancar. Pokoknya mantap."

Saryadi yang pada sore itu datang membeli jamu bersama istri terlihat bugar dan sehat. Jamu yang dipesan adalah beras kencur. Beras kencur ini berkhasiai untuk menjaga stamina tubuh dan juga menghilangkan rasa capek di badan.

Selain beras kencur ada pula jamu kunir asem yang banyak digemari oleh ibu-ibu muda dan juga remaja putri. Khasiat dari jamu kunir asem antara lain: mengatasi peradangan, mengurangi rasa nyeri saat haid, mengatasi mag, mengatasi perut kembung, menurunkan berat badan, mengendalikan kadar gula dalam darah, dan lain-lain. 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License