Kiat Sukses Menghadapi Ujian Nasional dengan Berdikari

12 Maret 2020 09:38:38 WIB

Karangtengah News- Ujian nasional akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 16 Maret 2020 jenjang SMK, selanjutnya akan diikuti jenjang SMA, SMP, dan SD, Kamis (12/3). Kegiatan ujian nasional merupakan tahapan akhir seorang siswa menempuh studi pada jenjang satuan pendidikan. Ujian nasional wajib diikuti oleh semua peserta didik pada satuan pendidikan. Ujian nasional juga dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan pendidikan di suatu daerah. 

Nah, untuk menghadpi ujian nasional tersebut ada beberapa kiat yang bisa dilaksanakan oleh siswa yaitu:

  1. Percaya Diri
  2. Budayakan Literasi
  3. Pantang Menyerah
  4. Tawakal

Keempat kiat tersebut dapat dirinci sebagai berikut.

Percaya diri, Rasa percaya diri dalam diri anak diperlukan agar saat mengerjakan ujian nasional tidak minder. Rasa percaya diri dapat tumbuh jika siswa belajar dengan sungguh-sungguh sejak dini. Hakikat ujian nasional adalah mengukur seberapa jauh keberhasilan satuan pendidikan dalam proses pembelajaran. Kesungguhan siswa dalam belajar dapat diamati sejak masuk sekolah. Siswa merupakan individu yang unik, yang memiliki karakteristik tersendiri, dan memerlukan perlakuan yang tidak sama.

Budayakan Literasi, Budaya literasi harus ditumbuhkan untuk menopang rasa percaya diri siswa. Budaya literasi merupakan budaya membaca buku-buku nonperalajaran yang menambah khasanah pengetahuan siswa. Budaya literasi harus ditumbuhkembangkan di kalangan siswa di tengah arus informasi yang begitu cepat.

Pantang menyerah, menghadapi soal-soal ujian nasional, tidak ada soal yang sulit. Hal ini dikarenakan soal ujian nasional telah dianalisis sehingga mampu mengukur kemampuan siswa. Siswa pada umumnya benci terhadap matematika karena malas untuk berhitung, padahal bagian sebagaian orang berhitung itu mengasyikan. 

Tawakal, kewajiban manusia adalah berusaha dengan sepenuh hati. Masalah hasil serahkan semuanya kepada Allah swt. berserah diri setelah berusaha merupakan sarana untuk menerima apapun hasil dari usaha. Semua yang diberikan Allah swt. kepada manusia merupakan yang terbaik.

Jadi ayooo para siswa siapkan diri kalian menghadapi ujian nasional.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License