Pantomim, Seni Bermain Beran dengan Gerak Tubuh dan Ekpresi Wajah

17 Maret 2020 09:44:01 WIB

Karangtengah News-Pantomim merupakan seni bermain peran dengan memfokuskan diri pada gerak tubuh dan ekspresi mimik. Pantomim sudah ada sejak dahulu, namun belum banyak digemari di masyarakat sekitar. Seiring perkembangan zaman dan kebijakan pemerintah terkait dengan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLSSN).

Dari tingkat dasar sampai dengan tingkat menengah pantomim mulai dikenalkan lagi, terutama melalui kegiatan ekstrakurikuler. Antusias anak-anak pun semakin besar mengetahui bagaimana cara berkomunikasi melalui gerak tubuh dan eskpresi wajah. Gelak tawa mereka pun semakin menjadi ketika melihat para actor bermain peran di atas panggung.

Pantomim memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan bermain peran lainnya. Kelebihan itu salah satunya adalah penonton dapat menafsirkan gerak tubuh dan ekspresi wajah Sang aktor sesuai dengan imanjinasi penonton. Imajinasi penonton akan terbangun dengan sendirinya ketika melihat Sang aktor memainkan perannya.

Selain imajinasi penonton, pantomim juga dapat dijadikan sarana olahraga. Melalui gerak tubuh yang konstan sesuai dengan jalan cerita tubuh akan bergerak dan membakar lemak serta mengeluarkan toksin dari dalam tubuh.

Belajar pantomim tidaklah sulit, yang terpenting adalah memahami alur cerita dan kemudian diekspresikan melalui gerak tubuh dan ekspresi wajah.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License