Ramah "Remaja Masjid Al-Hikmah" Garda dalam Dakwah

18 Maret 2020 07:41:42 WIB

Karangtengah News- Ramah (Remaja Masjid Al-Hikmah), merupakan kelompok anak-anak muda di Pedukuhan Kemasan yang aktif dalam kegiatan kemasjidan, Rabu (18/3). Perkumpulan remaja masjid ini melakukan aktivitas sosial dan ibadah di lingkungan masjid.Hal ini sangat perlu dan mutlak keberadaannya dalam menjamin estafet makmurnya suatu masjid sehingga fungsi dinamika masjid itu sendiri dapat di pertahankan kelangengannya.
Pembagian tugas dan wewenang dalam remaja masjid termasuk dalam golongan organisasi yang menggunakan konsep islam dengan menerapkan asas musyawarah,mufakat dan amal jama'i(gotong royong) dalam segenap aktivitasnya.

Ramah, merupakan nama dari Remaja Masjid Al-Hikman, sesuai dengan slogannya remaja masjid ini berusa untuk menjaga keramahan masjid bagi setiap jama'ah. Di bawah koordinasi Hafiz Sujana dan Singgih Dewan Prastoto remaja masjid ini aktif dalam kegiatan kemasjidan. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain: TPA (Taman Pendidikan Al-Qur'an), Pengajian rutin, Wisata Dakwah, Jurnalistik, Lomba-lomba, bakti sosial, dan lain-lain.

Remaja masjid sebagai agen setrategis dalam pemberdayaan umat perlu dibekali keilmuan dan ketrampilan yang di butuhkan,misalnya para aktivis remaja masjid juga perlu menekuni pengetahuan jurnalistik dan kewirausahaan. Hal itu penting untuk menguatkan dakwah dan pemberdayaan umat.Dua pengetahuan itu dapat menjadi sarana dakwah,maupun peningkatan SDM Remaja masjid sehingga mampu mandiri.

Di masa sekarang ini, tantangan dari remaja masjid adalah sulitnya kaderisasi. Para remaja yang ada di sekitar masjid terkadang lebih asyik bermain dengan gawai dari pada ikut aktivitas kemasjidan. Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, kegiatan remaja masjid harus mampu menjadi magnet bagi generasi muda. Kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan mereka harus dijadikan unggulan agar remaja-remaja menjadi remaja yang berakhlak mulia dan taat dalam beragama. Selain itu peran serta orang tua dalam mendorong anak-anaknya juga digalakan. Remaja masjid adalah garis depan dalam dahwah. Selama masih ada remaja masjid yang aktif dalam berkegiatan kemakmuran masjid dan regenerasi akan terjaga dengan baik.

Komentar atas Ramah "Remaja Masjid Al-Hikmah" Garda dalam Dakwah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License