Ayo Ikuti Enam Langkah Cuci Tangan yang Baik dan Benar, untuk Jaga Kesehatan

20 Maret 2020 08:33:16 WIB

Karangtengah Tips-Mencuci tangan merupakan salah satu usaha preventif untuk mencegah penularan penyakit seperti: flu, batuk, diare, dan juga penyakit akibat virus korona. Untuk mencegah penularan penyakit tersebut dierlukan usaha cuci tangan yang baik dan benar agar kuman benar-benar hilang. Menurut Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta mencuci tangan yang baik dan benar dapat dilakukan dengan enam langkah. Enam langkah tersebut yaitu:

  • Mencuci telapak tangan, Langkah pertama yang mesti dilakukan adalah mengambil sabun dan letakkan di telapak tangan. Basahi tangan, lalu gosok telapak tangan dengan sabun.
  • Gosok punggung dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan begitu sebaliknya,Setelah itu, gosok pula telap punggung tangan kanan dan kiri. Pastikan semua bagian terkena sabun. 
  • Gosok kedua telapak tangan dan sela-sela jari,  Langkah berikutnya adalah menggosok sabun ke sela-sela jari. Sela-sela jari merupakan salah satu lokasi favorit kuman bersarang, sehingga tak boleh dilupakan.
  • Jari-jari sisi dalam kedua tangan saling mengunci, Berikutnya, bersihkan punggung jari dengan gerakan saling mengunci. Gerakan ini berguna untuk memastikan kuman benar-benar mati.
  • Bersihkan jempol kanan dan kiri secara bergantian dengan gerakan digosok memutar. Jempol jadi perhatian karena ibu jari ini merupakan jari yang paling aktif beraktivitas.
  • Bersihkan ujung jari atau bagian kuku dengan gerakan menguncup. Gerakan ini bertujuan agar kuku benar-benar bersih dan kuman yang menyelip di kuku dapat hilang. 

 

Disarikan dari: Dinas Kesehatan DIY

Komentar atas Ayo Ikuti Enam Langkah Cuci Tangan yang Baik dan Benar, untuk Jaga Kesehatan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License